Hati-hati Gagap Iman

Renungan Harian

Jumat, 15 Februari 2019

Hari Biasa Pekan Biasa V

Bacaan : Kejadian 3 : 1-8 ; Mazmur 32: 1-2:5.6.7; Markus 7 : 31-37

 

Dalam pertemuan pendalaman kitab suci yang sering dilakukan di lingkungan umat ada satu pemandangan yang umum terjadi. Gagap dan terdiam saat beberapa pertanyaan kitab suci diajukan. “Baik bapak dan ibu, bagaimana menurut bapak dan ibu dengan panduan pertanyaan pertama?”, demikian kiranya pemandu (fasilitator) mengajak para peserta terlibat dalam sharing iman. Efek dari adanya pertanyaan membuat beberapa orang takut menjawab karena takut salah. Ditambah lagi peserta pertemuan yang rata-rata adalah orang tua. Berbeda dengan bulan rosario yang justru lebih banyak peserta yang hadir di dalamnya karena tidak ada unsur pertanyaan alkitab di dalam pertemuan ini.

Saudaraku terkasih, Injil hari ini berkisah Yesus yang menyembuhkan seorang yang gagap dan tuli. Setelah sembuh orang ini segera menjadi pribadi yang mampu berkata-kata dengan baik. “Efata”, artinya” Terbukalah” adalah kata sakti yang diucapkan Yesus untuk menyembuhkan orang gagap dan tuli tersebut. “Ia menjadikan segala-galanya baik” (Markus 7: 37).

Sabda Yesus membuat hidup menjadi lebih baik. Hidup dalam Sabda Yesus juga membuat manusia berkata-kata dengan baik. Kata-kata yang baik akan memberikan kesejukan, damai, sukacita, kelegaan dan peneguhan. Bila menjadi orang katolik lantas kita tidak bisa berbicara hal-hal yang baik, lalu sabda apakah yang selama ini menjadi makanan rohani kita? Semoga perkataan kita hari ini baik melalui ucapan maupun melalui jari, hanyalah yang baik semata yang membawa sukacita injili kepada segala makhluk. Semoga kita pun tidak lagi menjadi gagap untuk mensharingkan pengalaman iman kita dalam alakan pertemuan pendalaman kitab suci.

Tuhan semoga aku mau hidup dalam sabda-Mu sehingga hidupku menjadi tambah baik dan akhirnya hidupku mampu memberikan kebaikan kepada sesamaku. Amin

Penulis : RD David

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.