Doa Seorang Anak

Renungan Harian
Kamis, 20 Juni 2019
Hari Biasa Pekan Biasa XI
Bacaan : Korintus 11: 1 - 11, Matius 6: 7-15

Yesus mengajarkan doa Bapa Kami dalam bacaan Injil hari ini. Doa ini merupakan doa dasar yang sejak kecil diajarkan kepada kita oleh orang tua kita.

Dalam doa Bapa Kami kita menyebut Tuhan kita dengan sebutan “Bapa”. Sebuah panggilan yang menunjukkan kedekatan dan keakraban. Doa ini merupakan ungkapan seorang anak kepada Bapanya.

Dalam doa ini terangkum dua keutamaan yaitu pemuliaan Tuhan dan pemenuhan kecukupan kebutuhan manusia. Bagian awal doa berisikan hal-hal yang berkaitan dengan Allah : surga (sebagai tempat Allah), datanglah kerajaan-Mu (kerinduan kepada Allah), jadilah kehendak-Mu (keyakinan pada rencana Allah). Doa ini sungguh menempatkan Allah sebagai yang pertama sebelum kebutuhan manusia.

Pada sisi lain kebutuhan manusia pun diminta dengan sungguh proporsional “berilah kami rezeki pada hari ini”. Diminta untuk hari ini agar manusia selalu tergantung pada kerahiman Allah. Pada bagian ini pula yang diucapkan “ampunilah dosa kami seperti kami pun mengampuni yang bersalah kepada kami”. Sebuah permohonan yang berbalik mengarah pada diri sendiri terlebih dahulu.

Semoga lewat doa ini, kita bukan hanya mengucapkan lewat kata-kata tetapi meresap dalam hati.

RD David

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.