Manusia Bijaksana

Renungan Harian
Kamis, 27 Juni 2019
Hari Biasa, Pekan Biasa XII
Bacaan : Kejadian :16:1-12.15-16, Mat 7:21-29

Hidup menjadi orang Katolik itu tidak mudah. Ada proses cukup panjang. Untuk menjadi orang Katolik tidak hanya mempelajari aspek pengetahuan agama atau dogma-dogma iman saja, tetapi juga membangun sikap iman dan spiritualitas. Jika sudah dibaptis secara Gereja Katolik, maka hidup beriman kita harusnya diwujudkan dengan nyata. Nilai-nilai dan karakter khas Katolik harus dipertahankan dan ditumbuhkembangkan.

Dalam Injil hari ini, Yesus menggambarkan karakter dasar kita, yakni manusia yang bijaksana dan yang bodoh. Manusia yang berkarakter bijaksana adalah mereka yang mendengarkan ajaran dan perkataan Yesus dan melakukan apa yang mereka dengar. Sedangkan karakter manusia yang bodoh adalah mereka yang mendengar tetapi tidak melakukan ajaran dan firmanNya.

Nah, selama sebagai pengikut Yesus tentu kita merefleksikan kembali tata kehidupan iman kita. Bagaimana karakter dan sikap iman anda? Di tengah-tengah ancaman duniawi, adakah selama ini tetap bertahan menjadi manusia bijaksana atau sudah menjadi manusia bodoh? Adakah godaan jabatan, karir atau lainnya menggoyahkan fondasi iman anda? Bersyukurlah, jika anda tetap mempertahankan karakter sebagai manusia bijaksana seperti yang dikehendaki Yesus.

Ya Yesus, bimbinglah aku untuk mengerti firmanMu dan bantu aku untuk mampu melaksanakan firmanMu dan kehendak Allah. Amin.

Antoni

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.