Totalitas Pertobatan

Senin  9 Maret 2020
Pekan Prapaskah II
Bacaan I     :  Dan 9:4b-10
Bacaan Injil : Luk 6: 36-38 

Dalam masa prapaskah ini, kita diajak untuk menyadari sisi manusiawi kita yang lemah dan mudah jatuh ke dalam dosa. Dari penyadaran ini kita pun diajak pula untuk memohon pada Bapa di surga agar berkenan mengampuni dosa-dosa kita serta memperkuat sisi manusiawi kita yang lemah terhadap dosa. Hal ini perlu dilakukan dengan kerendahan hati; kita mengakui diri kecil dan berdosa di hadapan Allah.

Pada bacaan pertama, nubuat Nabi Daniel menarasikan sikap rendah hati dalam doa Daniel untuk mewakili bangsanya mengaku dosa kepada Allah. Sikap rendah hati untuk mengakui segala kelemahan dan dosa adalah hal yang perlu dibangun dalam masa pertobatan. Hal ini menjadi cerminan dari ketulusan kita dalam pertobatan yang kita lakukan.

Melalui bacaan Injil, kita diajak untuk tidak hanya memohon ampun kepada Allah, tetapi juga menuntut ketulusan total kita dalam bertobat. Mengampuni sesama kita adalah bentuk aktualisasi pertobatan yang kita lakukan dan suatu usaha untuk mengikuti Kristus sehingga kita pun masuk dalam kesatuan pengampuan bersama dengan Allah.

Pengampunan kepada sesama membawa kita untuk ikut serta dalam hidup “yang keluar dari kedalaman hati pada kekudusan, kerahiman, dan cinta Allah kita. Roh yang membuat kita hidup dapat membuat sikap Yesus menjadi sikap kita. Kesatuan pengampunan menjadi mungkin, apabila kita saling mengampuni” (KGK 2842).

Oleh sebab itu, usaha kita memohon pengampunan kepada Allah juga menuntut kita untuk mengampuni sesama dengan cara yang murah hati. Dengan cara inilah pertobatan kita mencapai kepenuhannya.

[Fr. Albertus Aris Bangkit Sihotang]


Allah yang maharahim, kami sungguh menyesal atas seluruh dosa kami. Sudilah menuntun kami untuk selalu berjalan dalam ketetapan-Mu, terutama agar kami selalu mau mengampuni sesama sebagaimana Engkau tidak mengingat dosa kami. Demi Kristus Tuhan dan pengantara kami. Amin.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.