Membaca Kitab Suci, Mengenal Kristus!

Jumat, 30 September 2022

Pw. St. Hieronimus

Bacaan Pertama: Ayub 38:1, 12-21; 39:36-38

Mazmur Tanggapan : Mzm 139: 1-3.7-10.13-14b

Injil                   : Lukas 10: 13-16

Pengalaman akan Allah akan semakin terpenuhi manakala kita membaca Kitab Suci

Saudara-saudari terkasih, pernahkah kita membaca komik superhero? Kita dapat melihat banyak pahlawan yang membantu menumpas kejahatan dan mengusir musuh-musuh. Beberapa yang kita kenal, seperti Batman, Superman, Wonder Woman, Aquaman dan masih banyak lagi. Mereka dikenal melalui komik dan menjadi terkenal karena alur ceritanya yang menarik. Kita juga mengenal bagaimana rupanya, kebiasaannya serta perkataannya yang membuat kita terinspirasi.

Cara kita mengenal tokoh superhero tersebut akan sama bila kita mencoba nmengenal Yesus melalui Kitab Suci. Santo Hieronimus terkenal dengan kalimat, “tidak membaca Kitab Suci, tidak mengenal Kristus”. Pengalaman akan Tuhan menjadi semakin terpenuhi manakala kita mencoba mengenal Tuhan dalam sabda-Nya yang selalu terucap setiap hari. Dalam kitab Ayub, Allah bertanya, “ apakah engkau mengetahui luasnya bumi?” Pertanyaan tersebut dapat saja diubah menjadi, “apakah engkau mengenal Aku, Allahmu?” Injil hari ini pun memberi kita peringatan melalui kata “celakalah…. Barangsiapa yang menolak Aku, dia menolak Dia yang mengutus Aku”.

Saudara-saudari yang terkasih, kehidupan kita sejatinya merupakan sebuah peziarahan. Kita selaalu berjalan dalam hidup menuju akhir yang adalah keabadian. Dalam perjalanan itulah kita juga selalu mencoba mengenal Yesus yang kita imani. Dengan membaca Kitab Suci, kita akan semakin mengerti Dia yang menciptakan kita dan mendampingi kita hingga pada akhirmya akan bertemu dengan-Nya dalam keabadian. Refleksi bagi kita, apakah kita mengenal Dia yang kita imani?

Fr. Agustinus Hary Tri Hanggara

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

error: Content is protected !!