Dikenal Dari Buahnya

Setiap pohon yang baik menghasilkan buah yang baik.

Matius 7: 17
Renungan Harian
Rabu, 26 Juni 2019
Hari Biasa Pekan Biasa XII
Bacaan : Kejadian 15 : 1 - 12.17-18, Matius 7 : 15-20

Bacaan Injil hari ini membawa permenungan terkait pohon dan buah. Kita dapat mengilustrasikan pohon dengan berbagai macam. Pohon itu bisa berupa keluarga, lingkungan kerja, komunitas, lingkungan gereja, dan sebagainya.

Yesus menghendaki hidup kita berbuah; berbuah baik. Pohon bukan hanya berakar dan berdaun lebat, tetapi harus berbuah, berbuah yang baik. Buah itulah yang akhirnya akan menentukan sebuah pengenalan.

Dalam keluarga, anak-anak dan seluruh anggota keluarga merupakan buah menghidupi komitmen hidup perkawinan. Dalam lingkungan kerja, upah dan persahabatan merupakan buah dari pekerjaan itu. Dalam lingkungan gereja, ketaatan iman dan pelayanan merupakan buah dari sikap beriman. Dan tentunya masih banyak buah-buah lainnya.

Akhirnya kita merenungkan bahwa hidup bukan hanya sekedar dijalani tanpa arah dan makna. Hidup itu harus menghasilkan sebuah rahmat (buah) baik bagi diri sendiri dan terlebih bagi orang lain. Semoga hidup kita hari ini pun mampu menghasilkan buah yang baik sebagai bentuk persatuan kita dengan pohon yang baik yaitu Allah sendiri.

RD David

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.