Pelayan

Renungan Harian
Kamis, 25 Juli 2019
Hari Biasa, Pekan Biasa XVI
Pesta St. Yakobus Rasul
Bacaan : 2 Kor 4:7-15, Mat 20:20-28

Hari ini Gereja merayakan pesta St. Yakobus Rasul. Dalam Injil, kita tahu bahwa bersama dengan Petrus dan Yohanes, Yakobus termasuk kelompok rasul ring satu, sangat dekat dengan Yesus. Mereka bertiga diberi keistimewaan oleh Yesus untuk menyaksikan peristiwa kemuliaan-Nya di atas gunung Tabor dan saat Yesus berdoa di Taman Zaitun sebelum sengsara-Nya. 

Dalam Injil hari ini, melalui ibunya, Yakobus dan Yohanes adiknya dimintakan kepada Yesus suatu posisi yang lebih istimewa kelak dalam Kerajaan Kristus.

Kita kadang kala masih kurang puas dengan kondisi yang sudah kita miliki. Ada hal yang selalu dirasa kurang cukup dan kita berusaha menanam ambisi-ambisi hanya untuk kepuasan diri. Kita suka dengan aneka cara mewujudkan ambisi diri. Anak-anak kita paksakan les ini itu dengan alasan demi masa depannya. Atau bersaing dengan rekan kerja melalui cara-cara apa pun demi ambisi yang kita inginkan.

Jika kita memiliki jabatan atau karir pekerjaan apa pun, itu adalah panggilan dan anugerah Tuhan yang harus kita syukuri. Sebagai murid Yesus, setiap pekerjaan adalah panggilan untuk melayani. Jadi kalau ada yang jadi guru, tentara, karyawan, manajer, direktur atau owner adalah pelayan.

Pun demikian jika sebagai bapak atau ibu rumah tangga, itu juga adalah pelayan yang mulia. Jika ada yang menjadi imam, biarawan atau biarawati itu juga panggilan istimewa untuk melayani demi Tuhan dan umatNya. Jikalau ada yang kemudian jadi kepala paroki, kepala konggregasi, provinsial, vikaris, uskup atau bahkan paus itu bukan jabatan karir. Tetapi itu adalah tetap pelayan!

Ya Yesus, semoga aku semakin bangga dan bahagia menjadi pelayanMu. Amin.
(Penulis : Antoni Purbi)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.