Pemuda Katolik Komda Jabar Audiensi dengan Uskup Bogor

Bogor-keuskupanbogor.org: Untuk pertama kalinya, Pemuda Katolik Komisariat Daerah Jawa Barat (Komda Jabar) melakukan audiensi dengan Uskup Keuskupan, Mgr. Paskalis Bruno Syukur di Pusat Pastoral Keuskupan Bogor, Jl. Kapten Muslihat No. 22, Kota Bogor (29/11/2019). Kunjungan tersebut sebagai bentuk silaturahmi dan agenda konsolidasi organisasi Pemuda Katolik Komda Jabar pascapelantikan di Bumi Silih Asih, Pusat Pastoral Keuskupan Bandung pada 17 November 2019 silam.

Dalam audiensi itu, Ketua Pemuda Katolik Komda Jabar Edi Silaban memaparkan berbagai langkah komunikasi organisasi yang sudah dilakukan, khususnya upaya menjalin komunikasi dengan para senior Pemuda Katolik di Kota Bandung. Upaya ini difasilitasi oleh RD Yustinus Hilman Pujiatmoko (Vikjen Keuskupan Bandung) dan RP Dani Sanusi, OSC (Pastor Moderator Kerawam Keuskupan Bandung). Selanjutnya melalui surat permohonan kepada Mgr. Antonius Subianto Bunjamin, Uskup Bandung menunjuk RP Ignatius Eddy Putranto OSC sebagai Pastor Moderator Pemuda Katolik Jawa Barat.

“Ke depannya, pengurus Pemuda Katolik Komda Jabar fokus dalam menjalankan mandat muskomda, yaitu membentuk cabang di kota atau kabupaten,” tandasnya. Selain itu, di hadapan para pengurus, ia menekankan pentingnya gaya kepemimpinan partisipatif sehingga semua pengurus dapat bergerak. “Tidak ada kepemimpinan one man show; tiap pengurus adalah pemimpin dan harus proaktif dalam menjalankan program-programnya masing-masing” ucap Edi.

Kerja Sama

Dalam kesempatan tersebut, Mgr. Paskalis menyampaikan harapannya agar penguatan internal organisasi menjadi yang utama. “Pertama itu, konsolidasi ke dalam. Saya berharap (kalian) menjaga kebersamaan dan persaudaraan di dalam. Jadi Pemuda Katolik jangan menjadi tempat gontok-gontokan, melainkan benar-benar menghayati kekatolikan. Kita pasti ada perbedaan pendapat, tapi harus bisa diselesaikan dengan kepala dingin, sehingga organisasi ini harus membaharui diri untuk sesuatu yang lebih bermakna” ucapnya.

Mgr. Paskalis juga menyampaikan bahwa dalam Roadmap Keuskupan Bogor, salah satu tugas bersama adalah mewujudkan iman Katolik dalam bidang sosial kemasyarakatan. “Pemuda Katolik Komisariat Jawa Barat-lah yang akan benar-benar terlibat langsung dalam masyarakat, artinya program-program kalian tidak dirancang hanya untuk melayani masyarakat Katolik saja, tapi juga masyarakat Indonesia di mana pun kalian berada,” terang Uskup Bogor ini.

Menurutnya, karena organisasi ini bernaung dengan nama Katolik, Pemuda Katolik harus tetap menjalin relasi baik dengan para pastor, dewan pastoral, atau ketua lingkungan. Dengan demikian, para kader muncul dan terlibat juga di tingkatan tersebut.

“Jangan melihat organisasi ini sebagai organisasi tanpa ‘roh’, tanpa spirit. Maka spiritnya bukan hanya politik saja, tapi juga spirit Yesus Kristus sendiri yang mengutus kalian masuk ke sosial masyarakat.” ucapnya.

Mgr. Paskalis berpesan agar Pemuda Katolik dapat bekerja sama dan bersinergi, mengambil bagian pada Komisi Kerawam, Komisi HAAK dan Komisi Mitra Perempuan, dengan tetap membawa aspirasi Pemuda Katolik di Keuskupan Bogor. Kerja sama dengan Anshor, Banser, PGIW, Peradah dan organisasi lintas agama lainnya juga sangat diharapkan. “Saya mendorong kalian untuk berpikir besar tapi harus bertindak lokal, harus berperan sosial kemasyarakatan melalui berbagai posisi,” tandasnya.

Pertemuan itu juga membahas isu-isu yang terjadi di masyarakat secara luas baik internal ataupun eksternal di Bidang Organisasi, Kaderisasi, Politik, Hukum, Media Sosial, Pariwisata, serta Perempuan dan Anak. Mgr. Paskalis juga berharap nantinya Pemuda Katolik dapat hadir pada pertemuan para pastor yang rencananya akan diadakan pada bulan Maret 2020. “Saya kira yang penting adalah kerja sama, selamat berkarya” tutup Mgr. Paskalis.

Jajaran pengurus Pemuda Katolik Komda Jabar yang hadir dalam pertemuan tersebut di antaranya adalah Sekretaris Robert Reginal, Wakil Ketua Bidang Politik dan Hubungan Antar Lembaga/OKP Arya Hadikusuma, Wakil Ketua Bidang Hukum Dominicus Dimas, Wakil Bidang Perempuan dan Anak Revita Vivi, Wakil Ketua Bidang Kewirausahaan dan Ekraf Bernardus Pito Koban, Wakil Ketua Bidang Pariwisata Joseph Inarko Ofong dan para wakil sekretaris bidang.

[Humas Pemuda Katolik Komda Jabar]

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.