Butuh atau Ingin?

Renungan Harian 
Jumat, 23 Oktober 2020
Bacaan : Efesus 4 : 1 - 6
Injil : Lukas 12 : 54 - 59

Mengapa engkau tidak memutuskan sendiri apa yang benar?

Lukas 12 : 57

Jika itu adalah sebuah pertanyaan untuk kita hari ini, apa yang akan kita jawab?

Takut, bingung, tak mau repot, tidak ada lagi pilihan, malas berpikir kompleks, sudah enak begini saja, cari aman, bebas resiko, menguntungkan, dan mungkin masih banyak jawaban lainnya.

Sejak bangun di pagi hari hingga nanti kita terlelap lagi, kita akan banyak dihadapkan pada beragama pilihan dan keputusan.

Kita bisa memilih bangun atau tidur lagi, memilih dan memutuskan jenis dan banyaknya makanan, mau misa on line dimana dan jam berapa, mau bekerja dengan semangat atau biasa saja, mau ngebut atau sewajarnya dan sebagainya.

Ajakan untuk memilih dan memutuskan yang benar tidaklah mudah. Terkadang kita memilih yang diinginkan bukan dibutuhkan; memutuskan dalam kebimbangan atau paksaan; memilih karena banyak orang menyukainya, dan sebagainya.

Membuat keputusan yang benar bisa jadi tidak mudah, tetapi juga bukan berarti harus diperumit. Buatlah pilihan dan keputusan yang berguna bagi diri sendiri; menyelamatkan atau tidak merugikan orang lain dan tentunya diselaraskan dengan suara hati kita.

Pilihan menjalankan protokol kesehatan dengan baik adalah salah satu yang bijaksana untuk masa ini.

Refleksi:
Apakah aku sudah mampu membuat keputusan yang benar karena pilihanku atau karena desakan orang lain? Dalam situasi apa aku bisa membuat keputusan dengan baik dan bijak?

Doa :
Tuhan terima kasih atas anugerah hari yang baru ini. Mampukan kami sepanjang hari ini belajar membaca tanda zaman dan akhirnya mampu memilih dengan bijaksana hal-hal yang baik, benar dan indah untuk ku, sesamaku dan alam ini. Amin

Berkat :
Semoga berkat Allah yang Mahakuasa membimbing kita dalam seluruh karya, peran dan tanggung jawab kita hari ini : Dalam Nama Bapa dan Putera dan Roh Kudus. Amin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d bloggers like this: