Hamba Uang Menjadi Hamba Tuhan

Renungan Harian
Sabtu, 16 Oktober 2021
Pekan Biasa I
Bacaan : Ibrani 4 : 12-16
Injil : Markus 2 : 13-17

Ia melihat Lewi anak Alfeus duduk di rumah cukai. Yesus berkata kepadanya, “Ikutlah Aku!”.

Markus 2 : 14

“Anda Butuh Waktu, Kami Butuh Uang”. Demikian bunyi sebuah stiker yang ditempel pada sebuah angkutan umum. Bagi pebisnis “waktu adalah uang”.

Ketika waktu diukur untuk mencari dan mengumpulkan uang (harta benda), orang akhirnya menjadi pribadi yang gila kerja, lupa waktu, dan mungkin juga tidak sempat menikmati hidup dan hasil jerihnya.

Bacaan Injil hari ini mengisahkan seorang hamba uang yang dipanggil Yesus dan menikmati waktu khusus “makan” bersama Yesus. Lewi anak Alfeus yang dimaksudkan dalam Injil Markus ini adalah Matius; seorang pemungut cukai.

Hamba uang berubah menjadi hamba Tuhan. Inilah yang terjadi pada Matius. Ajakan Yesus “Ikutlah Aku” akhirnya membawa Matius menjadikan Tuhan sebagai keuntungan yang utama dalam hidupnya.

Yesus pun sering kali mengundang kita datang. Ia ingin memiliki waktu khusus dengan kita. Saat hampir seluruh waktu kita dihabiskan mencari dan cemas dengan harta, Tuhan masih menunggu waktu kita “duduk” bersama-Nya.

Akhirya waktu bukan lagi uang, tetapi waktu adalah rahmat dan berkat. Tuhan butuh waktumu bukan uangmu.

Refleksi
Masih mau dan mampukah kita mendengar suara Tuhan? Masih adakah waktu untuk Tuhan, untuk sejenak menjamu Tuhan ?

Doa
Allah Bapa kami, ajarlah kami untuk mampu mendengar suara-Mu dan menjadi pribadi yang terpikat dan terikat dengan Engkau. Amin

Berkat
Semoga berkat Allah yang Mahakuasa membawa kita semakin peka pada suara Tuhan dan menjadi pribadi yang mampu menangkap rahmat Tuhan lewat peran, karya dan tugas kita : Dalam Nama Bapa dan Putera dan Roh Kudus. Amin

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.