Tanah yang Baik

Loading

Sabtu, 17 September 2022

PF. S. Robertus Bellarmino, Uskup dan Pujangga Gereja

1 Kor 15:35-37, 42-49

Mzm. 56:10,11-12,13-14

Luk 8:4-15

            Saudara-saudari terkasih, pada hari ini Injil mengisahkan tentang Yesus yang mengajar tentang benih yang jatuh di berbagai tempat. Ada benih yang jatuh di pinggir jalan, di tengah semak duri, dan ada juga yang di tanah yang baik. Ketiga tempat ini merupakan perumpaan bagaimana benih yang adalah firman Allah hidup di hati manusia. Hati kita seringkali mengalami banyak percobaan. Ada yang ragu akan Firman itu, ada pula terkikis oleh karena luka, dan masih banyak kejadian yang bisa mematikan Firman Allah dalam hati kita.

            Saudara-saudari yang terkasih, pada hari ini Yesus mengajak kita untuk selalu bertekun dalam pengajaran dan doa. Dalam artian, pengajaran dan doa itu membuat firman Allah hidup. Pengajaran berarti kita siap untuk mendengarkan firman Tuhan. Ada istilah yang digunakan pada masa awal kekristenan, yaitu fidex ex auditu. Iman didapatkan melalui pendengaran. Artinya, mendengarkan adalah proses awal kita untuk mengetahui apa yang ingin disampaikan Tuhan dalam berbagai kejadian dalam hidup.

            Oleh karena itu, saudara saudari yang terkasih. Kita diajak untuk mendengarkan apa yang dikatakan Tuhan dalam hati kita melalui berbagai proses dalam hidup. Baik dalam lingkup menggereja, keluarga, maupun masyarakat. Ketika kita sudah mau untuk mendengarkan, berarti kita pun siap untuk menerima Firman Tuhan dalam hati. Membaca Kitab Suci adalah langkah konkrit yang wajib dan perlu kita lakukan untuk semakin dekat dengan Tuhan. Sehingga benih yang tadi ditaburkan bisa tumbuh dan menghasilkan buah berlimpah. Karena Yesus sendiri berkata,“Barangsiapa mempunyai telinga, hendaknya ia mendengar!”

Fr Mateus Elbert Biliyandi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

error: Content is protected !!
Enable Notifications OK No thanks