Menjadi Pelayan bagi Sesama 

Loading

Rabu, 8 Maret 2023

Yer. 18:18-20

Mzm. 31:5-6,14,15-16

Mat. 20:17-28

Saudara-saudariku yang terkasih dalam nama Tuhan kita Yesus Kristus. Pada hari ini Injil memberikan kita kata-kata yang menarik. Dalam Matius ayat 20:28 dikatakan demikian, “Sama seperti Anak Manusia datang bukan untuk dilayani, melainkan untuk melayani dan untuk memberikan nyawa-Nya menjadi tebusan bagi banyak orang” Kata-kata Yesus ini memberikan arti yang sangat dalam bagi kehidupan kita sehari-hari. Pertanyaannya, “Apakah kita sudah berusaha semaksimal mungkin untuk bisa melayani sesama, bahkan musuh-musuh kita? 

Dalam permenungan ini, kita diajak untuk saling melayani satu sama lain tanpa pandang apapun. Media sosial sering kali memberikan kita insightinsight baru. Ada juga kata-kata yang menarik yang saya temukan dalam media sosial. “Kalau kita baik sama orang, orang pasti baik juga sama kita, tapi bohong” Benak kita mungkin berpikiran hal tersebut bisa dibenarkan. Fakta mengatakan juga demikian, tidak semua orang yang kita perlakukan baik, akan melakukan tindakan sebaliknya terhadap kita. 

Saudara-saudariku yang terkasih, Yesus yang telah melayani semua orang, apakah Ia sadar bahwa pada akhirnya mereka semua akan berbalik melawan Yesus? Tentu saja. Namun Ia tidak menghiraukan hal tersebut. Ia terus melakukan pengajaran serta melayani semua orang yang Ia jumpai dalam hidup-Nya. Yesus tidak memikirkan hal tersebut, sekalipun ada hal buruk yang akan menimpa-Nya, ia tidak berhenti untuk terus melayani sesama-Nya. Lantas kalau kita berbuat baik kepada sesama, apakah kita mengharapkan sesuatu? 

Saudara-saudariku yang dikasihi oleh Tuhan, teladan Yesus yang baik ini sekiranya memberikan kita harapan serta peneguhan kepada kita untuk tetap setia dalam perbuatan-perbuatan baik kita. Kita jangan menjadi ragu, perbuatan baik kita, pelayanan kita, tidak berharga dimata sesama, bahkan kadang berbalik melawan kita. Jangan pernah jenuh untuk berbuat baik. Karena segala sesuatu yang baik, kita lakukan hanya untuk Tuhan dan sesama kita. Tuhan Memberkati.

Fr Mateus Elbert Biliyandi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

error: Content is protected !!
Enable Notifications OK No thanks