‘One Day One Spirit’ Misdinar Dekanat Utara untuk Terus ‘Penuh Semangat Melayani Tanpa Batas’

Loading

Senin pagi, 17 Juni 2024, mulai pukul 06.00 WIB, ketika saudara kita yang muslim bersiap-siap merayakan Hari Raya Idul Adha 1445 H, gereja Santo Thomas Kelapa Dua, Depok, sudah dipenuhi oleh muda-mudi yang mengenakan seragam kaos warna biru.

Mereka adalah ‘pasukan’ Misdinar Santo Thomas yang bersiap-siap menuju Gedung Pastoral Santo Yohanes Paulus II, Paroki Santo Paulus Depok. Loh, ada acara apa nih?

Masih dalam rangka perayaan 75 tahun Keuskupan Sufragan Bogor, Misdinar Dekanat Utara mengadakan One Day One Spirit 2024 (ODOS 2024), dengan mengambil tema ‘Penuh Semangat Melayani Tanpa Batas’.

Kegiatan yang dikomandoi oleh Agustina Gratia Angela Lustitia Sada dari Paroki Santo Paulus Depok dengan pembina RP Agustinus Anton Widarto, OFM, ini bertujuan untuk menumbuhkan kesadaran para Misdinar untuk aktif dalam kehidupan menggereja, menambah nilai-nilai solidaritas para Misdinar dalam kegiatan menggereja sebagai pelayan altar, dan memantapkan komitmen para Misdinar terhadap pelayanan menggereja serta menumbuhkan motivasi baru dalam melayani umat dan gereja.

Dalam sambutannya, RD Augustinus Hardono, Pastor Dekan Dekanat Utara, meminta untuk seluruh Misdinar yang hadir mengikuti rangkaian kegiatan dengan sukacita. Beliau juga menyebutkan bahwa Misdinar yang melayani Tuhan di seputaran altar, juga harus aktif dalam kegiatan pelayanan gereja tidak hanya di hari Minggu saja, tetapi juga di lingkungan masing-masing.

Ditargetkan 500 Misdinar dari Dekanat Utara memeriahkan kegiatan ODOS 2024, dan tercatat sekitar 412 peserta dari tujuh paroki di Dekanat Utara hadir dan aktif dalam seluruh rangkaian kegiatan.

Berbagai kegiatan disiapkan dengan rapi oleh panitia yang juga adalah Misdinar Dekanat Utara. Mulai dari kegiatan individu hingga kegiatan kelompok yang berjumlah kurang lebih 15 orang per kelompoknya.

Kegiatan individu salah satunya dalah Find Your Friend! Ini dimaksudkan untuk mencari teman atau mengenal Misdinar dari lain paroki. Maka diharapkan anggota Misdinar tidak hanya mengenal teman-temannya sendiri dalam satu Paroki, tetapi juga berteman dan mengenal siapa pun dari Paroki lain.

Kegiatan kelompok terbagi dalam beberapa pos, dengan maksud untuk melatih kreativitas juga kekompakan dalam sebuah team work. Tetap dalam kelompok, juga diharapkan lebih konsentrasi dalam mendengarkan instruksi serta fokus setiap kali bertugas nantinya sebagai pelayan altar.

Cukup meriah meskipun suasana dalam ruangan aula terasa panas padahal pendingin sudah dinyalakan, tentu saja ini karena banyaknya jumlah individu di dalamnya. Bagaimana pun seluruh Misdinar peserta ODOS 2024 dalam sukacita mengikuti seluruh rangkaian kegiatan yang telah disiapkan oleh panitia.

Kedatangan Bapak Uskup Keuskupan Sufragan Bogor, Mgr. Paskalis Bruno Syukur tentunya menambah sukacita para Misdinar Dekanat Utara. Tidak hanya melayani foto bersama Uskup, beliau juga meminta beberapa Misdinar mempresentasikan apa yang sudah dikerjakan sebelumnya.

Dalam audiensi dengan para Misdinar Dekanat Utara, Mgr. Paskalis mengingatkan para Misdinar akan pesan-pesan Paus Fransiskus. Beliau juga berharap dari sekian banyaknya Misdinar, siapa tahu kelak akan menjadi Uskup, Romo, hingga suster biarawati.

Kegiatan One Day One Spirit 2024 Misdinar Dekanat Utara ditutup dengan Perayaan Ekaristi yang dipimpin oleh Uskup Keuskupan sufragan Bogor sebagai selebran utama, dengan didampingi oleh para pastor di Dekanat Utara. (Katharina T.)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Enable Notifications OK No thanks