Kunjungi Gereja, Komandan Brimob Ajak Gereja Jadi Tempat Persemaian Nilai-Nilai Kebangsaan

Kelapadua – keuskupanbogor.org : Komandan Korps Brimob (Dankor) Kelapadua yang baru saja terpilih Irjen Pol. Drs. Anang Revandoko usai melakukan sholat jumat berkunjung ke Gereja. Para pimpinan dari kedua gereja yang ada di satuan Brimob Kelapa dua yaitu Gereja Katolik Santo Thomas dan Gereja Gideon.

Dengan penuh antusias dan bangga, Tim Pastores Gereja Santo Thomas mempersiapkan kedatangan beliau. Aula Gereja Santo Thomas menjadi tempat perjumpaan yang penuh keakraban dan kekeluargaan ini. Romo Dion (Pastor Paroki), Romo Puryatno dan Romo David dari Santo Thomas; Pendeta Risto. Efraim Andaki STh, Pendeta John FC Pattiasina dan beberapa penatua gereja hadir mewakili Gereja Gideon. Tampak beberapa umat dari kedua gereja juga hadir.

Irjen Pol Anang yang sebelumnya menjabat Kapolda Kalimantan Tengah ini menyampaikan pesan agar gereja mampu memberi peran kuat dalam persatuan bangsa. Dalam konsep Indonesia saat ini yang diuji kesatuan dan kebhinekaan serta goncangan nilai nilai toleransi dan perdamaian maka menjadi tugas semua pihak untuk merapatkan barisan dan menguatkan nilai-nilai kebangsaan.

Gereja memang menjadi tempat perayaan iman tetapi juga sekaligus perayaan nilai-nilai kemanusiaan. Pria kelahiran Semarang, Jawa Tengah, 14 Oktober 1965 berharap agar gereja semakin kuat menyemaikan nilai-nilai kebangsaan.

Saya berharap Gereja hadir menghidupkan lebih kuat nilai nilai Pancasila dan Kebhinekaan. Demikian harapan Irjen Pol Anang baru saja melakukan sertijab Kapolda Kalteng kepada Irjen Pol Ilham Salahudin yang dipimpin oleh Kapolri Jenderal Pol Tito Karnavian pada 7 Agustus yang lalu. Hadir pula dalam kunjungan ini Brigjen Pol Verdianto Iskandar dan Kombes. Pol. Drs. Bambang Widjanarko Baiin. S.I.K., M.Si.

Kunjungan Dankor yang merupakan perwira tinggi Polri lulusan Akpol 1988 ini berlangsung selama kurang lebih 30 menit. Sapaannya menjadi sebuah kehormatan sekaligus sukacita bagi gereja; sebuah angin segar dan sekaligus harapaan besar agar tempat ibadah menjadi rumah iman dan pembinaan nilai nilai kebangsaan bagi umat semakin digelorakan.

Melengkapi kunjungan, Dankor pun berkenan melihat ke dalam gereja dan pastoran. Bagian anak tangga yang menghubungkan pastoran dan sekretariat menjadi salah satu tempat yang menjadi perhatian. Beberapa batu prasasti peresmian gereja dan aula bertandatangankan pimpinan nomer 1 brimob pada masanya. 

Sebelum meninggalkan gereja secara khusus Dankor memberi pesan dan ajakan terkait peran media sosial. Secara khusus kepada Romo David beliau mengajak untuk menjadikan media sosial sebagai media pemersatu bangsa. Harapan besar agar penggunaan media sosial khususnya di kalangan orang muda mencerminkan nilai-nilai yang mempererat persatuan, menangkal berita-berita bohong dan memperbanyak konten-konten positif. “Saya minta bantuan Romo untuk mengajak umat cerdas bermedia”, paparnya sebelum bergegas meninggalkan gereja. 

RD David

2 thoughts on “Kunjungi Gereja, Komandan Brimob Ajak Gereja Jadi Tempat Persemaian Nilai-Nilai Kebangsaan

  1. Pingback: Rangkul Para Toko Agama, Sertijab Komandan Brimob Kelapadua Sarat Nilai Toleransi dan Persatuan - Keuskupan Sufragan Bogor

  2. Ari W says:

    Sebuah awal yg baik ditempat yg baru semoga akan semakin membawa angin segar akan toleransi antar umat beragama…..

Berikan komentar Anda...

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d bloggers like this: