Lima Biro Kuatkan Karya Komisi PSE Keuskupan Bogor

Bogor – keuskupanbogor.org : Bertempat di MDC Pasir Muncang – Bogor, Komisi Pengembangan Sosial Ekonomi (PSE) Keuskupan Bogor menggelar pertemuan pengurus PSE se-Keuskupan Bogor (2-3/03/2019). Dalam pertemuan ini para peserta diberikan wawasan dan pemahaman terkait biro-biro PSE berikut dengan para moderator serta tugas dan perannya masing-masing.

Mgr Paskalis hadir pula dan memberikan penjelasan terkait Komisi PSE. “Komisi PSE dibentuk untuk membantu Uskup dalam menggembalakan Gereja Keuskupan Bogor agar terwujud solidaritas dan kepedulian kristiani dalam bidang sosial ekonomi”, jelasnya. Sementara itu Pastor Ridwan selaku ketua Komisi PSE memperkenalkan biro-biro PSE Keuskupan Bogor berikut dengan moderatornya. Adanya biro-biro dalam PSE ini untuk mempermudah dalam membagi tugas dan peran yang cukup luas dalam PSE. Setidaknya ada empat biro dalam PSE Keuskupan Bogor.

Para pengurus PSE Se Keuskupan Bogor mengikuti pertemuan yang diselenggarakan Komisi PSE Keuskupan Bogor di MDC, Bogor (2-3 Maret 2019). Foto : istimewa
  1. Biro Ekologi. Biro ini bertugas dalam mempromosikan pastoral lingkungan hidup. Salah satu programnya adalah menciptakan paroki hijau atau sekolah hijau; dikepalai oleh Ibu Elizabeth Linggiarti Tedjojuwono.
  2. Biro Buruh. Biro ini bertugas dalam perlindungan dan pemberdayaan para buruh; dikepalai oleh Romo Bartholomeus Wahyu Kurnia.
  3. Biro Pemberdayaan. Biro ini bertugas dalam pemberdayaan umat salah satunya melalui Credit Union (CU); dikepalai oleh Romo Gregorius Agus Edy Cahyono.
  4. Biro APP/AAP. Biro ini bertugas dalam pembuatan materi-materi iman untuk APP/AAP; dikepalai oleh Bapak Peter Suriadi.
  5. Biro Karitas. Biro ini bertugas dalam penanggulangan bencana baik yag terjadi di Keuskupan Bogor maupun luar keuskupan; dikepalai oleh Romo Yulius Eko Priambodo.
Peter Suriadi memberikan penjelasan Biro APP/AAP dalam Temu Pengurus PSE Se -Keuskupan Bogor di MDC (2-3 Maret 2019). Foto : Istimewa

Mengakhir acara, Pastor Ridwan memutarkan sebagai video singkat sebagai bahan permenungan untuk dibawa pulang. Haparannya acara tahunan yang telah berlangsung untuk ketiga kalinya ini diharapkan membawa roh sukacita bagi para pengurus PSE se-Keuskupan Bogor sehingga umat Keuskupan Bogor menjadi komunio yang injil, peduli, cinta alam dan misioner.

Penulis : Peter Suriadi
Editor : RD David

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.