Tidak Perlu Takut Mencari Yesus

Renungan Harian
Sabtu, 20 April 2019
Hari Sabtu Suci – Vigili Paskah

Kalau kita lewat kuburan sendirian, walau siang hari, kadang ada rasa takut. Kuburan selalu dikesankan bersuasana sunyi, menyeramkan, bikin bulu kuduk berdiri. Kadang ada “penampakan” walau di siang hari. Karenanya, kita sering berusaha menghindari jalan yang melewati atau berdekatan dengan kuburan. Sekali pun terpaksa lewat kuburan, dengan berdoa pun, jantung kita masih dag-dig-dug ketakutan. Kaki rasanya ingin berlari cepat.

Ada aneka faktor yang menimbulkan rasa takut. Injil hari ini tentang pengalaman takut di kuburan yang dialami oleh penjaga kubur. Mereka takut karena melihat malaikat Tuhan turun dari langit, lalu menggulingkan batu penutup kubur. Karena begitu gemetar ketakutan, mereka seperti menjadi orang mati. Pun pula hal itu dialami oleh Maria Magdalena serta Maria lainnya, yang sedang menengok kubur Yesus.

Ketakutan akan apa pun harus dibuang atau dilawan. Ketika kita dikuasai ketakutan, kita akan menjadi orang yang kebingungan, kehilangan diri, tak mampu kendalikan diri atau tak mampu mendengarkan harapan-harapan yang baik atau membahagiakan.

Hari ini kita merayakan vigili Paskah, masa penantian akan kebangkitan Tuhan. Sebagai orang beriman, yang selalu mencari Yesus, kita tidak perlu merasa takut. Jika kita sungguh-sungguh mencari-Nya, maka kita akan menemuiNya kelak di Galilea Baru. Selamat Menyambut Vigili Paskah.

Antoni

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.