Perintah Tegas, Tugas Jelas, Manusianya Malas

Renungan Harian
Sabtu, 27 April 2019
Oktaf Paskah
Bacaan : Kisah Para Rasul 4:13-21, Markus 16 : 9 - 15

Pergilah ke seluruh dunia, beritakanlah Injil kepada segala makhluk ! (Markus 16 :15) menjadi ayat penutup Injil hari ini. Yesus memberikan perintah dan tugas yang jelas : pergi, beritakan, segala makhluk. Ini bukan sebuah himbauan, harapan, usulan ataupun tawaran. Ini sebuah perintah yang sangat jelas dan tugasnya jelas. Setiap pengikut/ murid Yesus yang telah menandai dirinya dengan Sakramen Baptis mengemban tugas dan misi yang sama.

Tugas ini memang berat namun Tuhan pun menyertainya dengan berkat. Banyak orang lupa akan tugas utamanya sebagai murid Yesus. Jangankan untuk mewartakan Injil, bisa jadi pemahaman dan wawasan iman saja kita masih rapuh, miskin dan mungkin terabaikan. Ini karena kita malas mengenal Sabda Allah. Saat anak bertanya soal iman kepada orang tuanya, tidak sedikit orang tua yang bingung. “Mah, kenapa kita membuat tanda salib dimulai dari dahi sih?”, tanya seorang anak. “Owh, memang dari dulu begitu nak”, jawab singkat seorang ibu yang menandai memang dia pun tak paham.

Pewartaan Injil kepada segala mahkluk mengindikasikan bahwa pewartaan kebaikan dan keselamatan Allah bukan milik pribadi, kaum, golongan dan bangsa tertentu. Ini artinya rahmat keselamatan harus dirasakan bukan hanya bagi manusia tetapi seluruh alam ciptaan. Menjaga keasrian alam, memilah sampah, tidak mencemari sungai merupakan contoh-contoh bahwa kita pun ingin menjadi tanda keselamatan (Injil) bagi alam.

Tuhan bantulah aku untuk mau selalu mengenal Engkau sehingga akhirnya hidupku pun menjadi tanda selamat bagi semua makhluk. Amin
(RD David)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.