Aku Melihat Tuhan

Renungan Harian 
Senin, 22 Juli 2019
Pesta St. Maria Magdalena
Bacaan : Kidung Agung 3:1-4a, Yohanes 20:1.11-18

Maria Magdalena adalah sosok wanita yang setia mengikuti dan melayani Yesus.  Pasca disembuhkan Yesus dari kuasa tujuh roh jahat (Lukas 8:2), Maria Magdalena mengabdikan dirinya untuk mencintai Tuhan. Kematian Sang Kekasih Jiwa menimbulkan rasa kehilangan yang mendalam. Panik bercampur sedih semakin merobek jiwa manakala jenazah Sang Kekasih Hati hilang dari peraduannya. 

Kesedihan berubah menjadi kegembiraan dan antusiasme manakala Sang Kekasih Jiwa datang menghampiri. Mulanya kehadiran Sang Kekasih Jiwa tak disadari dan dikenalinya. Saat Sang Kekasih Jiwa memanggil nama “Maria”, barulah sadar bila itu adalah Tuhan. 

Gelisah, kecewa, sedih, luka dan derita kerap menyelimuti hati dan pikiran hingga kita tidak sadar bahwa Tuhan hadir begitu dekat, begitu nyata. Kehadirannya bisa tak biasa dan dianggap bukan apa-apa. Sebelumnya, Maria Magdalena mengira Yesus itu tukang kebun. 

Tuhan menyapa kita lewat hal-hal terdekat dan sosok-sosok yang kerap kita abaikan dan remehkan. Kita kerap berharap bahwa pesona Tuhan itu harus hadir dalam sesuatu yang luar biasa. Butuh kepekaan hati melihat dan mendengar bahwa semua yang terjadi pada hidup kita hari ini, perjumpaan kita dengan setiap pribadi hari ini bisa jadi adalah sapaan terintim Tuhan untuk selalu ingin dekatmu. 

Senyum sapaan tukang ojek online, OB, supir taksi, tukang parkir, penjaja makanan ringan di pertigaan jalan, pengamen dan lain-lain bisa jadi itu adalah senyum dan sapaan Tuhan padamu hari ini.

Tuhan ajarlah aku hari ini untuk melihat Engkau dan merasakan sapaan Engkau lewat segala hal. Amin

(RD David)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.