Mgr Paskalis, Katekis Harus Percaya Diri seperti St. Paulus

Bogor – keuskupanbogor.org : Mgr Paskalis mengajak para katekis untuk memiliki kepercayaan diri sebagai pelayan jemaat yang dipercayakan oleh Allah. Pesan ini disampaikan Bapa Uskup dalam homili Misa Penutupan Hari Katekis Keuskupan Bogor ke-4 di Aula Kinasih Resort (Minggu,21/7). Romo Andreas Bramantyo (Ketua Komisi Kateketik – Pastor Paroki Rangkasbitung ) dan Romo Jeremias (Formator Seminari Menengah Stella Maris) menjadi konselebran mendampingi Bapa Uskup.

Bersama imam, para katekis (profesional maupun sukarelawan) diajak untuk membangun gereja yang bersukacita sebagai komunio, injili, peduli, cinta alam dan misioner. “Hendaknya para katekis meniru Santo Paulus sebagai pewarta yang percaya diri”, tutur Bapa Uskup.

Sukacita perjumpaan para katekis dalam Hari Katekis Keuskupan Bogor di Wisma Kinasih, Depok (20-21 Juli 2019). (Foto : Antoni P)

“Pewartaan hendaknya membawa orang untuk semakin mengenal Yesus hingga akhirnya orang tersebut mengalami pertobatan. Katekis hendaknya memformat iman jemaat sesuai format Yesus”, jelasnya Bapa Uskup dalam salah satu sesi bagi para katekis.

Sejak 4 tahun yang lalu, Komisi Kateketik menggagas acara pertemuan rutin para katekis yang diberi nama Hari Katekis Keuskupan Bogor (HKKB). Tahun ini HKKB diselenggarakan selama 2 hari 1 malam (20-21 Juli) dengan melibatkan 180 orang peserta se-Keuskupan Bogor. Rangkaian kegiatan diisi dengan sharing karya dan pelayanan, pembekalan dan pendalaman materi “Katekese Berjenjang”, doa dan misa.

Sharing karya dan pengalaman menjadi sumber kekuatan yang meneguhkan pelayan para katekis.

Romo Habel dan Romo Andre menjadi narasumber dalam kegiatan ini. Kedua imam ini menekankan proses katekese sebagai proses pembentukkan murid Yesus yang berkualitas dengan melibatkan seluruh potensi paroki. Katekis harus bersinergi bersama sekolah dan seksi-seksi di Gereja dan potensi umat lainya.

Para peserta tampak berantusias mengikuti seluruh rangkaian acara ini. Jodhy (katekis termuda dari Paroki Herkulanus) maupun Pak Obe (Paroki Cibinong)   mengungkapkan kegembiraannya dapat ikut dalam  acara HKKB ke-4 ini. Kesan terhadap acara ini, selain mendapatkan rekan seperjalanan dalam tugas pastoral, temu para katekis memberi penyegaran akan tugas dan peran di paroki dan mendapatkan pembekalan atau peneguhan dari para narasumber dan Bapa Uskup Mgr. Paskalis Bruno Syukur. 

(Antoni Purbi / RD David)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.