Pendosa yang Terpanggil

Sabtu, 21 September 2019
Pesta Santo Matius, Rasul dan Penulis Injil 
Bacaan I     : Ef 4: 1-7.11-13
Bacaan Injil : Mat 9: 9-13                                    

KEGAGALAN adalah keberhasilan yang tertunda. Setiap manusia pernah mengalami kegagalan. Semua bergantung pada bagaimana manusia menyikapi kegagalannya. Apakah ia belajar dari kegagalan yang pernah ia buat? Manusia diberi kehendak dan akal budi untuk dapat mencegah dirinya jatuh dalam kesalahan yang sama. Tuhan selalu menawarkan keselamatan kepada semua manusia; bukan karena dia orang yang sukses, orang yang berhasil, orang yang pandai, orang yang memiliki banyak hal. Tetapi kepada semua manusia Tuhan memberi kesempatan.

Santo Matius adalah satu dari sekian banyak manusia yang beruntung, karena Tuhan Yesus memilihnya menjadi rasul. Melalui kacamata manusia, Santo Matius seorang yang dianggap tidak layak mendapat status sebagai murid-Nya. Pengucilan yang dialaminya sebagai seorang pemungut cukai bukan sebuah akhir, tapi sebuah peluang menjadi manusia baru karena Allah menyapanya melalui Yesus Kristus.

Paus Fransiskus dalam ‘surat cintanya’ kepada anak muda, yakni Seruan Apostolik Pascasinode ‘Christus Vivit’, mengajak kita untuk jangan pernah takut mengambil risiko, (art 44), sekali pun hal itu membuat Anda gagal tapi janganlah berlarut-larut dalam kegagalan itu. Kita harus senantiasa yakin bahwa Allah berserta kita (Dominus Vobiscum). Yesus Kristus, Tuhan kita mengalami sengsara yang amat dahsyat, tetapi jangan pernah lupa bahwa Ia mengalami kebangkitan. (Fr. Petrus Damianus Kuntoro)


Ya Yesus, Engkau tidak pernah memandang rendah pada kami domba-domba-Mu yang berlumur dosa ini; malah Engkau memilih dan memanggil kami untuk menjadi pewarta kasih-Mu. Berilah kami keteguhan hati untuk bersatu dan memberitakan kebaikan-Mu yang tidak berkesudahan. Amin.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.