Akhir Bulan

Kamis, 31 Oktober 2019 
Hari Biasa, Pekan Biasa 30
Bacaan 1  : Rm. 8:31b-39
Mazmur    : Mzm. 109:21-22,26-27,30-31
Injil     : Luk. 13:31-35

AKHIR bulan. Tidak terasa bulan Oktober tahun 2019 sudah berakhir. Mari bersama-sama melihat kembali dan berefleksi tentang apa yang terjadi dalam bulan Oktober ini. Pendarasan doa Rosario, bulan misi luar biasa, sampai apa yang menjadi pencapaian dalam bulan ini. Bulan Oktober ini dilalui biasa-biasa saja? Wajar. Sudah melakukan banyak hal baik sebagai tugas misi? Luar biasa. Bagi yang menargetkan doa Rosario harian, doa Rosario banyak bolongnya? Tetap terbuka kesempatan untuk berdevosi di hari-hari berikutnya. Merasa hopeless karena tahun 2019 sudah mau berakhir? Sebentar…

Saya percaya bahwa setiap akhir dari suatu hal selalu merupakan awal yang baru bagi hal yang lain. Kemudian, ada peluang baru, ada kesempatan. Belajar untuk menyadari peluang dan kesempatan membantu kita mengubah pengalaman hidup kita dalam memulai sesuatu yang baru. Tentunya kepercayaan ini dimulai dari kesadaran bahwa Allah sungguh-sungguh mengasihi manusia ciptaan-Nya secara utuh.

Allah sungguh-sungguh mengasihi manusia, “Ia ada di atas, di bawah, di kanan, di kiri, di dalam suka dan di dalam duka” seperti yang ada dalam lirik lagu rohani “Kudaki Gunung Yang Tinggi”. Karena kasih-Nya, Allah tidak ingin manusia terpisah dari-Nya , kecuali dosa yang mampu memisahkan kita dari Allah yang pencipta. Karena keputusan kita sendirilah, kita terpisah dari Allah. Karena kehendak bebaslah, manusia jatuh dalam dosa dan terpisah dari Allah..

Hanya Allah yang dapat menyelami hati manusia. Kita tidak bisa menebak hati orang lain. Tebakan yang berlebihan membuat kita jatuh dalam praduga, tuduhan atau bahkan penghakiman. Menutup bulan Rosario sekaligus Bulan Misi Luar Biasa ini, marilah kita menyadari tugas dan tanggung jawab kita untuk senantiasa mewartakan Injil dalam setiap langkah kehidupan kita. (Fr. Michael Randy)

Bunda Maria, Pelindung Misi, sudilah menyertai kami anak-anakmu dalam mewartakan Kristus Putera-mu yang hidup dalam setiap tugas dan karya kami.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.