Selamat Jalan Menuju Rumah Bapa di Surga, Bapak Yohanes Samiyo, Ayahanda Romo Lukas Wiganggo

Aku telah mengakhiri pertandingan yang baik. Aku telah mencapai garis akhir dan aku telah memelihara iman.

2 Timotius 3:7

Bintaro – keuskupanbogor.org : Berita duka cita beredar di pesan grup WA para imam. “Selamat pagi Bapak uskup dan para pastor. Mohon doanya untuk bapak saya Yohanes Samiyo yang telah berpulang ke rumah Bapa pagi ini. Terima kasih. Berkah Dalem”. Pesan ini dikirimkan oleh Romo Lukas Wiganggo.

Pesan WA yang dikirimkan pada, Selasa pagi itu (3/12) disambut sahutan para Bapa Uskup dan para imam yang menyampaikan ungkapan bela sungkawa. Tak lama kemudian jadwal upacara misa hingga pemakaman beredar dalam grup WA para imam tersebut.

Bertempat di rumah duka, Pkl. 20.00 WIB rombongan para imam dari Keuskupan Bogor merayakan Misa Requiem bagi ayahanda Romo Lukas, Bapak Yohanes Samiyo. Sejumlah umat memadati rumah mediaman keluarga Bapak Yohanes yang berada di kawasan Pondok Aren, Bintaro ini.

Rabu pagi (4/12), misa pelepasan jenazah dilangsungkan di Gereja Santo Matius Pengarang Injil, Bintaro. Sejumlah imam hadir merayakan misa ini secara konselebrasi.

Bapak Yohanes Samiyo meninggalkan dunia ini dengan membawa sebuah kebanggaan bahwa anaknya dipersembahkan bagi gereja untuk menjadi imam. Pria kelahiran 12 Desember 1949 ini menghembuskan nafas terakhirnya pada Senin, 3 Desember 2019.

Dalam Misa pelepasan jenazah, Romo Dionysius Adi (Pastor Paroki St. Thomas Kelapadua) mewakili koleagitas para imam Keuskupan Bogor sekaligus atas nama Bapa Uskup dan Keuskupan Bogor menyampaikan ungkapan dukacitanya kepada Romo Lukas dan keluarga.

Romo Lukas menyampaikan ungkapan terima kasihya atas kehadiran para imam dan seluru umat. “Kini saya bergabung dengan persaudaraan para imam tanpa ayah (dan ibu)”, lorohnya. “Terima kasih atas kehadiran para imam. Inilah tanda persaudaraan imam-imam Keuskupan Bogor”, tambahnya.

Sosok Bapak Yohanes Samiyo adalah sosok ayah yang sangat sederhana. Kepergiannya meninggalkan duka bagi keluarga. Namun satu hal yang pasti membanggakannya adalah bahwa ia berhasil mempersembahkan salah seorang anak laki-lakinya untuk menjadi imam.

Romo Lukas Wiganggo Samiyo, putera terkasih dari Keluarga Besar Bapak Yohanes Samiyo adalah imam Keuskupan Bogor yang kini bertugas sebagai Direktur Utama Percetakan Grafika, milik Keuskupan Bogor.

Pemakaman Bapak Yohanes Samiyo dilangsungkan di TPU Tanah Kusir sekitar Pkl.10.00. Romo David memimpin jalannya upacara pemakanan ini. Beberapa imam juga tampa hadir menemani Romo Lukas dalam peristiwa duka cita ini.

Selamat jalan menuju rumah Bapa di surga Bapak Yohanes Samiyo. Doa-doa kami menyertai perjalanan Bapak Yohanes dan bagi keluarga yang ditinggalkan.

(RD David)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.