Berdua : Saling Bukan Saing

Renungan Harian 
Kamis, 4 Februari 2021
Pekan Biasa IV
Bacaan : Ibrani 12 : 19-19.21-24
Injil : Markus 6 : 7-13

Yesus memanggil kedua belas murid dan mengutus mereka pergi berdua-dua.

Markus 6:7

Tidak ada keberhasilan dalam sebuah karya hanya karena kemauan dan kemampuan satu orang. Akan selalu ada pribadi yang menjadi rekan seperjalanan seperjuangan yang akan menjadi penolong, pendorong, pengingat, penghibur, pelindung, dsb.

Yesus mengutus murid berdua-dua agar para murid belajar saling memahami, mengerti, menerima kelebihan – kekurangan rekan dengan segala peran. Berupaya solid sekalipun sulit.

Seni dan hikmat untuk memahami dan menyelaraskan hati jauh lebih berharga daripada keberhasilan pribadi.

Ciptakan irama dan langkah bekerja bersama tidaklah mudah karena harus berupaya memberikan rasa nyaman berjalan bersama untuk misi yang sama dalam segala kelemahan, kelebihan, dan keistimewaan masing-masing. Ini bukan misi pribadi atau pembuktian kehebatan diri.

Rekan perjalanan hidup yang hebat (dalam karya, keluarga, pelayanan, dll) adalah mereka yang tetap menerima dalam kekurangan dan kelemahan rekan; bukan meninggalkan dan mengganti; bukan sebagai beban tapi sudah jadi bagian.

Ada proses belajar tiada henti untuk menjadi support system; menerima kesalahan bukan menyudutkan, memberi semangat/kekuatan bukan menuntut, kepekaan untuk saling mengobati dan menghibur bukan menghasut, memberi peran tanpa mendominasi, dsb.

Refleksi
Apakah aku saat ini mampu menjadi rekan perjalanan hidup yang menciptakan rasa saling bukan saing? Apa hambatan terbesarku dalam “jalan bersama”?

Doa
Tuhan, Engkau mengajarkan kami untuk berupaya berjalan bersama dalam segala upaya. Bantulah kami untuk semakin mampu memahami dan mengerti setiap pribadi, situasi dan kondisi untuk ciptakan rasa saling dalam segala kebaikan. Amin

Berkat
Semoga berkat Allah yang Mahakuasa memberikan kekuatan untuk memampukan kita berjalan bersama dalam olah rasa dan jiwa demi ciptakan rasa saling dalam segala kebaikan : Dalam Nama Bapa dan Putera dan Roh Kudus. Amin

(RD David)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d bloggers like this: