Misa Pengenangan Arwah Keuskupan Bogor: Kebersamaan Dalam Iman Akan Kristus Adalah Selama-lamanya

Pada hari Kamis (4/11/2021) pada pukul 09.00 pagi, diselenggarakan Misa Pengenangan Arwah Uskup dan Pastor Keuskupan Bogor di Pemakaman Kalimulya I. Misa dihadiri oleh para Pastor Unio Keuskupan Bogor dan para Frater yang tengah menjalani tugas Tahun Orientasi Pastoral.

Misa dipersembahkan oleh RD Bonifasius Heribertus Beke,  RD Marselinus Wisnu Wardhana, RD Gregorius Agus Edi Cahyono serta dibantu oleh Fr Diakon Wolfgang Amadeus Sara dan Fr Diakon Albertus Bangkit Sihotang. 

Dalam homilinya, RD Marselinus Wisnu Wardhana menyampaikan ajakannya untuk menumbuhkembangkan kasih diantara sesama para pastor agar jangan sampai menjadi penyesalan ketika sudah tidak lagi bersama. 

“Maka dengan peristiwa hari ini, bersama-sama dalam Misa Pengenangan Arwah ini kita dapat bersegera saling memperhatikan satu sama lain, bersegera menjadi hamba yang melayani supaya tugas perutusan kita terwujud di diri kita masing-masing, yang mau rendah hati untuk melayani sesama terutama melayani komunitas para pastor terlebih dahulu. Banyak dari kita yang mungkin memiliki kelemahan dan kekurangan tapi paling tidak kita bisa saling memberi kekuatan sama seperti Kristus supaya setiap orang yang melihat kita dapat melihat cinta Kristus, dapat melihat bagaimana kita melayani atas nama Kristus. Sehingga ketika kita dipandang oleh orang, mereka memandang kita dengan penuh kasih karena yang kita hidupi memang Kristus sendiri. Oleh sebab itu kehadiran kita di tempat ini untuk merefleksikan kembali apakah kita memang sungguh hadir bagi sesama kita? sungguhkah kita ada bagi sesama kita? sungguhkah kita melayani sesama kita dengan sepantas-pantasnya?. Intinya adalah mari kita saling menopang satu sama lain dan mengingat bahwa kebersamaan kita di dunia ini terbatas tetapi kebersamaan di dalam iman akan Kristus adalah selama-lamanya dan menjadi harapan bagi kita dan semoga mereka yang telah mendahului kita mendoakan kita untuk semakin berpartisipasi untuk melaksanakan tugas perutusan,” tutur Sekretaris Jenderal Keuskupan Bogor tersebut. 

Seusai Misa, Para Romo menaburkan bunga pada makam uskup, pastor dan frater yang dimakamkan di tempat peristirahatan terakhirnya di Pemakaman Kalimulya I. Dilanjutkan dengan ramah tamah sesama pastor dengan melaksanakan protokol kesehatan yang ketat dan diakhiri dengan makan siang bersama. 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.