Apa yang Perlu untuk Damai Sejahteramu !!!

Kamis, 18 November 2021

Pemberkatan Gereja-gereja Basilik St. Petrus dan Paulus

Pekan Biasa XXXIII

1Mak. 2:15-29;

Mzm. 50:1-2,5-6,14-15;

Luk. 19:41-44

Di zaman sekarang dunia menawarkan banyak kemudahan dan kemegahan. Ada yang baik dan mendukung perkembangan, ada pula yang sebaliknya merusak dan menjatuhkan. Maraknya iklan di media massa, inovasi teknologi yang cepat, dan pengaruh dari orang-orang terkenal membuat kita kadang lupa untuk melihat diri sendiri dan menyadari apa sebenaranya kebutuhan dan kerinduan kita.

Dalam Injil hari ini Yesus mengatakan “wahai, betapa baiknya jika pada hari ini juga engkau mengerti apa yang perlu untuk damai sejahteramu!” Perkataan ini merupakan teguran untuk kota Yerusalem yang semakin jauh dari damai sejahtera karena justru akrab dengan kejahatan. Yerusalem sibuk dengan dirinya sendiri yang mencari kenikmatan duniawi.

Perkataan Yesus tersebut dapat kita ajukan untuk diri sendiri bahwa seharusnya kita tahu dan mengerti apa yang terbaik untuk damai sejahtera di dalam diri, atau dengan kata lain kita harus tahu apa yang baik untuk diri kita sendiri. Gemerlap duniawi zaman sekarang sering mengecohkan dan mengacaukan tujuan kita untuk menjadi pengikut Kristus yang baik. Kita lebih cenderung mengikuti trend duniawi yang merugikan banyak pihak, atau kita cenderung terpengaruh oleh suatu hal yang semakin menunjukkan ego diri sendiri. Yesus berpesan agar kita mengenal diri sendiri dan sadar bahwa hal yang perlu untuk damai sejahtera adalah kasih Yesus. Oleh karena itu, hal yang perlu kita usahakan adalah kedamaian, keharmonisan, lemah lembut, bukan justru menjadi sumber kekacauan dan kebencian. Semoga dengan Ekaristi, doa, dan baca Alkitab kita semakin sadar dan dekat dengan sumber damai sejahtera itu sendiri. Amin.

Fr. Ignatius Bahtiar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.