Yesus, Sang Raja!

Minggu, 21 November 2021

HR. TUHAN KITA YESUS KRISTUS RAJA SEMESTA ALAM (P)

Dan. 7:13-14;

Mzm.93:1ab.1c-2.5;

Why.1:5-8

Yoh 18:33b-37

Hari Raya Tuhan Kita Yesus Kristus Raja Semesta Alam menutup perputaran kalender liturgi yang telah kita ikuti selama setahun ini. Kehadiran perayaan ini menandakan Yesus sang empunya kehidupan, menegaskan kepada kita semua bahwa Dialah Raja dalam hidup kita, karena kasih karunia dan damai sejahtera juga berasal dari Allah. Kita harus mengakui Yesus sebagai Raja, bukan hanya karena pemahaman kita sendiri tetapi juga penyerahan diri kita atas segala pujian dan hormat dalam bentuk ketaatan kita pada perintahNya di dalam setiap aspek kehidupan.

Yesus sendiri memang tidak pernah mengakui diriNya Raja, iman para pengikutNya sendiri menyatakan dan meyakiniNya termasuk para Rasul. Yesus bersabda, “Engkau mengatakan, bahwa Aku adalah raja. Untuk itulah Aku lahir dan untuk itulah Aku datang ke dalam dunia ini, supaya Aku memberi kesaksian tentang kebenaran, setiap orang yang berasal dari kebenaran mendengarkan suara-Ku.”

Gereja sungguh meyakini perputaran seluruh siklus kehidupan akan berakhir kepada Yesus. Yesus adalah sumber pengetahuan dan kasih. Yesus sendiri adalah keseimbangan. Sehingga diharapkan kita bersama pada akhirnya tidak melulu jatuh pada pemahaman praktik tetapi estetika, melihat Yesus dari keterbatasan kita sebagai manusia dan berusaha mengikutiNya dalam ketidaksempurnaan kita dari tindakan kita sehari-hari pada kebaikan, keindahan dan kebijaksanaanNya yang dapat kita tiru dengan seluruh kekaguman dan hormat kita.

Semoga kita semua dikuatkan untuk percaya tanpa membuktikan, mengagumi tanpa menyangsikan dan rendah hati untuk menjadi anak-anakNya. Tuhan memberkati.

Fr. Alexander Editya Pribadi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.