Pelantikan DPP dan DKP Paroki Kristus Raja Serang Periode 2022-2025

Loading

Setelah tertunda selama beberapa saat akhirnya pada 27 Maret 2022, Uskup Keuskupan Sufragan Bogor Mgr. Paskalis Bruno Syukur, OFM melantik Pengurus Dewan Pastoral dan Dewan Keuangan Paroki Kristus Raja Serang dalam perayaan Ekaristi. Hal ini berdasarkan pada Surat Keputusan (SK) Uskup Keuskupan Sufragan Bogor No. 005/ E/SKDPP/KSB/III/2022 tentang pengangkatan pengurus Dewan Pastoral Paroki (DPP) Kristus Raja serang periode 27 Maret 2022 sampai 27 Maret 2025, serta Surat Keputusan No. 006/E/SKDKP/KSB/III/2022 tentang pengangkatan pengurus Dewan Keuangan Paroki (DKP) Kristus Raja Serang periode 27 Maret 2022 sampai 27 maret 2025.


Dalam homilinya, Bapak Uskup mengajak agar semua yang baru dilantik untuk merenungkan teks Injil hari ini dalam konteks sebagai orang-orang yang meberikan diri untuk terlibat secara khusus dalam mengembangkan Paroki. Dalam mengembangkan kerajaan Allah di Paroki ini, anda nanti dilantik, diberkati, diutus untuk menyadari bahwa gereja kita bukanlan suatu organisasi politik, bukan juga organisasi sosial tetapi kita adalah persekutuan orang-orang yang sungguh percaya kepada Kristus. Kita adalah persekutuan orang-orang yang mengandalkan Allah dan ajaranNya untuk mewarnai, memberi corak kepada hidup saya, kata-kata saya, perbuatan saya, tingkah laku saya terhadap sesama serta terhadap dunia ini. Sesungguhnya teks injil ini mengingatkan apa yang kita lakukan dan apa yang menjadi tugas utama kita yaitu melakakukan seperti bapak yang baik hati, bapak yang menerima semua anaknya.


Bapak Uskup kembali menegaskan bahwa sesungguhnya ini menjadi dasar bagi kalian, dasar bagi penggembalaan para pastor, juga dasar bagi kita sekalian untuk melakukan tindakan-tindakan yang mebuat orang merasakan bawa didalam gereja kita, dalam persekutuan kita ada tempat untuk semua orang. Tugas penggembalaan saya di keuskupan ini saya delegasikan juga kepada para pastor disini, anda sekalian Dewan Pastoral Paroki, Dewan Keuangan Paroki, para Ketua Lingkungan dan Ketua Wilayah. Satu hal yang harus kita wujudkan dalam struktur DPP atau DKP adalah jangan membuat kita terfokus oleh suatu aturan yang ketat sehingga orang tidak merasa gembira bersama kita dalam persekutuan ini. Kalau orang bertobat terimalah dia untuk berjalan bersama.


Kita masing-masing mengambil inspirasi dari seorang anak bungsu yang tau diri dan dengan rendah hati meminta pengampunan. Kita semua memiliki kelemahan sehingga pantaslah kita bertobat dan memperbaiki diri kita. Kita juga harus percaya bahwa Allah memberikan tempat bagi kita dalam proses pertobatan kita masing-masing ataupun orang lain sehinga akhirnya dia merasakan sukac cita hudup sebagai orang Katolik karena dia telah diampuni dan diterima walaupun dia telah bersalah.
Dengan spirit inilah bapak uskup mau menitipkan umat diparoki ini kepada Dewan Pastoral Paroki. Dewan Keuangan Paroki, melalui Pastor Paroki sebagai ketua DPP dan DKP bersama pastor Vikaris dalam menggembalakan anda sekalian dan anda membantu beliau untik mewujudkan karya penggembalaan itu sehingga menjadi nyata.


Mengakhiri homilinya, Bapak Uskup menegaskan kembali bahwa konteks injil hari ini adalah semua orang merasakan dia diterima dalam persekutuan kita. Kami akan melantik anda sekalian dan mengutus anda sekalian untuk menjadi vasilisator untuk membuat umat disini merasakan rumah ini sebagai rumah yang menerima dia dan mari kita berjalan bersama Allah Bapa yang maha baik, bersama teman-teman seperjalanan serta bersama kami di keuskupan ini.

Stanis Kwen (Komsos Paroki Kristus Raja-Serang)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

error: Content is protected !!
Enable Notifications OK No thanks