Allah sebagai Jalan Keluar atas Segala Keraguan

Jumat, 29 April 2022

Pw. Sta Katarina dari Siena

Kisah Para Rasul 5:34-42

Mzm 27:1.4.13-14

Yohanes 6:1-15

Saudara-saudara yang terkasih dalam Yesus Kristus, Injil Yohanes menceritakan kejadian dimana murid Yesus diminta oleh Yesus sendiri untuk mencari makanan untuk diberikan kepada orang-orang yang telah datang untuk bertemu dengan Yesus. Ketika salah satu murid itu mencari makanan, yang ditemuinya hanyalah lima roti dan dua ikan. Lalu, Yesus menyuruh mereka untuk membawa makanan itu kepadaNya. Akan tetapi para murid berkata kepada Yesus bahwa mereka ragu apabila makanan ini cukup untuk dibagikan kepada orang banyak ini. Akan tetapi Yesus mematahkan segala keraguan yang dimiliki oleh para muridNya. Yesus mematahkan keraguan itu dengan cara menggandakan makanan yang ada, sehingga berkelimpahan dan sangat cukup bagi orang banyak itu.

            Kita sebagai pengikutNya mungkin pernah ataupun sering merasakan apa yang dirasakan oleh murid-murid Yesus pada saat itu. Kita dihadapkan suatu permasalahan yang sulit untuk dihadapi. Selain itu, sering kali kita berfikir bahwa apakah kita dapat menyelesaikan permasalahan itu. Ketika kita menghadapi permasalahan itu, apakah kita dapat menyelesaikanya dengan baik atau tidak. Banyak sekali keraguaan yang hinggap dalam hidup kita, ketika kita dihadapkan oleh sebuah permasalahan.

            Oleh karena itu, Injil hari ini mengingatkan kepada kita sebagai seorang pengikutNya. Sebagai seorang pengikutNya, memang kita tidak akan luput dari apa yang dinamakan dengan keraguan. Akan tetapi Yesus ingin membawa kita kepada permenungan bahwa ketika dimana kita mengalami sebuah keraguan, ingatlah, percayalah dan tetaplah bersama dan bersatu dengan Allah dalam kehidupan kita. Sebab ketika kita mempercayakan segalanya kepada Allah maka keraguan itu tidak akan bertahan lama dan tentunya Allah akan memberikan jalan keluar dari segala keraguan yang kita miliki.

Fr. Christoforus Dominic Fernandez Lamury

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

error: Content is protected !!
Enable Notifications OK No thanks