Kunjungan Berkat

Kamis, 22 Desember 2022

Hari Biasa Khusus Adven

Bacaan I: 1Sam 1:24-28

Mazmur: 1Sam 2:1.4-5.6-7.8abcd

Bacaan Injil: Lukas 1:46-56

Kunjungan merupakan suatu kegiatan yang kerap kali kita lakukan. Banyak motivasi dalam melakukan kunjungan, seperti berkunjung ke suatu wahana hiburan untuk bersenang-senang, berkunjung ke rumah sakit untuk melawat mereka yang sakit, atau bahkan berkunjung ke rumah teman untuk menagih hutang yang sudah lama sekali tidak di bayar. Begitu banyak motivasi yang ada di balik sebuah kunjungan. Kunjungan bisa membawa berkat atau pun kutuk bagi orang yang mengunjungi dan yang dikunjungi. Semua tergantung bagaimana motivasi dan jalannya kunjungan tersebut.

            Bacaan injil hari ini, kita disuguhkan sebuah cerita ketika Maria mengunjungi Elisabet. Kunjungan ini membuahkan hasil yang bahagia, karena ketika maria dipuji bahagia oleh Elisabet, maria membalas dengan melontarkan berkat untuk memuliakan Allah. Suatu kidung yang sangat indah diucapkan oleh Maria untuk memuliakan Allah. Dengan demikian, Maria membawa berkat juga untuk rumah itu dan seluruh penghuninya.

            Dalam kehidupan sehari-hari, mungkin kita mengalami kunjungan atau mengunjungi seseorang. Akan tetapi, pernahkah kita terpikir untuk setiap harinya memberikan berkat dalam setiap kunjungan? Bukan hanya dalam artian yang fisik, seperti memberikan barang. Mungkin dengan memberikan pujian atau memberikan kekuatan kepada mereka yang kesepian dan patah semangat. Sama seperti Maria, kita semua dipanggil untuk mau mengunjungi saudara-saudara kita. Kita diajak untuk mengunjungi bukan hanya secara fisik, tetapi juga batin atau spiritual. Dengan mendoakan dan memberi berkat kepada orang yang kita kunjungi, maka kita akan menerima berkat pula.

Fr. Jeremia Setiadi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

error: Content is protected !!