Pemberdayaan Umat lewat Pelatihan Hidroponik


Bogor – keuskupanbogor.org : Sebanyak 105 umat Paroki Maria Bunda Segala Bangsa tengah berkumpul di saung Agroedutainment Centre TRUBUS, Cimanggis, Depok (16 Maret 2019). Mereka tengah mengikuti pelatihan hidroponik dengan penuh antusias, yang dipandu oleh tim Trubus.

Pelatihan ini diselenggarakan oleh Subsie Lingkungan Hidup-PSE. Bp Aries Suwartono (Kasie PSE-MBSB) mengungkapkan bahwa tujuan dari pelatihan ini untuk membekali umat agar punya usaha lewat bertanam hidroponik. Dengan hidroponik, umat dapat memanfaatkan halaman rumahnya sebagai sarana berwira usaha. Hasil usahanya dapat dimanfaatkan bagi keluarga ataupun dijual. Tentu ini akan membantu sebagai sumber pendapatan keluarga.

Peserta sangat antusias dalam bertanya jawab maupun menjawab quiz berhadiah. Setelah pembelajaran teori, mereka bisa praktek langsung di tempat sehingga semakin paham dan terampil.

Selain mendapatkan teori dan praktek di kebun Trubus, peserta diajak mengunjungi farm hidroponik di Bogor. Di sana peserta melihat langsung cara pengelolaan hidroponik dengan sistematis.

Hery Susanto ( Lingkungan Agatha, Wil. XII St. Yohanes) dan Korina (Ling. St. Maria Immaculata, Wil. St. Bartokomeus, yang sekaligus Ketua Subsie Lingkungan Hidup/Ekologi) menyatakan bahwa sejalan dengan masa Prapaskah, pelatihan ini sangat bermanfaat dan diharapkan menjadi gerakan untuk pemberdayaan ekonomi rumah tangga umat di lingkungan.

Penulis : Antoni Purbi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d bloggers like this: