Misa Streaming Atau Ibadat Sabda di Rumah ? Prinsipnya Mari Jadikan Keluarga Sebagai Ecclesia Domestica

Keluarga-keluarga Kristen itu sangat penting sebagai pusat suatu iman yang hidup dan meyakinkan. Karena itu Konsili Vatikan II menamakan keluarga menurut sebuah ungkapan tua “Ecclesia domestica” [Gereja-rumah tangga] (Lumen Gentium 11)

Bogor – keuskupanbogor.org : Hari-hari ini ketika pandemik penyakit Corona yang disebabkan oleh sebuah virus menjadikan dinamika kehidupan manusia berubah sedemikian rupa dalam segala aspek kehidupan. Tak terkecuali dengan kehidupan dan praktik beriman saat ini.

Dalam surat edaran terkait kebijakan pastoral Keuskupan Bogor yang dikeluarkan pada 24 Maret 2019 yang lalu, perihal kehidupan beriman umat Katolik, Bapa Uskup Mgr Paskalis mengajak keluarga-keluarga untuk menghidupi kembali makna hidup sebagai murid Kristus dalam kehidupan berkeluarga.

Dalam kondisi seperti sekarang ini, baik jika keluarga-keluarga kembali berkumpul dan merayakan perayaan imannya dengan berdoa bersama. Bapa Uskup mengajak agar kepala keluarga dapat memimpin jalannya doa dalam rumah; mengajari setiap anggota keluarga berdoa dan berbagi tugas doa. Keluarga adalah dasar utama tempat pendidikan iman; sekolah kehidupan.

Keluarga Kristen adalah tempat anak-anak menerima pewartaan pertama mengenai iman. Karena itu tepat sekali ia dinamakan “Gereja-rumah tangga” – satu persekutuan rahmat dan doa, satu sekolah untuk membina kebajikan-kebajikan manusia dan cinta kasih Kristen.” (Katekismus Gereja Katolik 1666).

Tidak dipungkiri dalam kondisi seperti saat ini, kerinduan merayakan Ekaristi di Gereja dan menyambut Tubuh Kristus menjadi semakin menggema. Kehadiran Misa secara digital virtual mewabah dengan berbagai pilihan channel dari keuskupan dan paroki. Namun perlu disimak bahwa misa secara streaming bukanlah sebuah kewajiban utama.

Alih-alih ingin berdoa secara khidmat, misa secara streaming bisa terganggu dengan kualitas sinyal, ketersediaan kuota, dan kepantasan diri. Oleh karenanya, baik pula bisa satu alternatif doa dilaksanakan yaitu dengan ibadat sabda. Berikut panduan channel Misa di Minggu Praspakah V dan teks Ibadat Sabda :
TVRI Pkl. 09.00 Misa dari Gereja Katedral Jakarta
Paroki BMV Katedral Bogor, Pkl. 10.00 via You Tube Channel : Komsos BMV Katedral
Paroki Kristus Raja Serang, Pkl. 08.30 (Misa) dan Pkl. 18.00 (Adorasi) via You Tube Channel : Gereja Katolik Kristus Raja Serang

Teks Ibadat Sabda Minggu Prapaskah V https://bit.ly/2UWD8Ej

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d bloggers like this: