Isi Hati

Renungan Harian
Sabtu, 12 September 2020
Bacaan I : 1 Korintus 10 : 14 – 22a
Injil : Lukas 6 : 43 – 49

Orang yang baik mengeluarkan barang yang baik dari perbendaharaan hatinya yang baik.

Lukas 6:45

Setiap harinya ada banyak hal yang masuk ke dalam seluruh inderawi kita. Mata mampu melihat baik yang indah maupun yang tidak indah; telinga mampu mendengar kata-kata atau suara yang baik maupun yang tidak baik; hati mampu menyimpan pengalaman syukur maupun luka batin.

Injil hari ini mengingatkan dan menguji perbendaharaan isi hati kita. Kekayaan hati kita yang diperoleh lewat berbagai pengalaman iman dan proses bereaksi terhadap segala pengalaman, situasi, perjumpaan dan pergumulan.

Ucapan dan tutur dari bibir (dan jari kita), buah pemikiran, emosi yang disimpan dalam hati, bahkan ekspresi wajah kita hari ini setidaknya menunjukkan isi dari kebatinan kita.

Saat berjumpa dengan orang yang marah apakah kita akan ikut marah? Saat kita mendapat berita-berita di WA grup yang belum jelas sumber dan kebenarannya akankah kita segera menyebarkannya? Saat kita berjumpa dengan orang yang lambat kerjanya akankah kita pun menjadi emosi?

Semoga sepanjang hari ini, buah tutur, pemikiran, cara kita bekerja, berkarya dan memandang segala peristiwa dan situasi membawa kita semakin mengolah isi perbendaharaan hati kita. Simpan yang baik dalam hati dan wartakan yang baik maka hidup akan penuh kedamaian. Tuhan memberkati.

(RD David)

One thought on “Isi Hati

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d bloggers like this: