Bukan Sekedar Nama

Renungan Harian
Jumat, 25 September 2020
Bacaan : Pengkotbah 3 : 1 - 11
Injil : Lukas 9 : 18 - 22

Yesus bertanya lagi, ” Menurut kalian siapakah Aku ini?” Jawab Petrus, “Engkaulah Kristus dari Allah”

Lukas 9 : 20

Tahu dan kenal sangatlah berbeda. Mungkin banyak orang tahu siapa kita tetapi belum tentu kenal kita. Kita bisa saja tahu banyak orang tapi yang kita kenal mungkin hanya beberapa.

Jawaban Petrus ketika Yesus bertanya “Menurut kalian, siapakah Aku ini?” mungkin adalah jawaban yang tepat. Identitas Yesus bukan hanya sekedar “siapa” tetapi juga mengandung sebuah “peran dan resiko” yang cukup besar.

Anak Manusia harus menanggung banyak penderitaan dan ditolak dan dibunuh (Lukas 9: 22) merupakan penjelasan dari maksud tersebut di atas.

Sebagai pengikut Kristus kerap kali mungkin kita tidak dikenal orang sebagai orang Katolik. Banyak orang tidak paham bedanya Katolik dan Protestan karena jati diri kekatolikan kita saja bisa saja sangat rapuh.

Berikutya, sebagai pengikut Kristus kita pun kerap tidak siap dan cenderung menghindar dari “peran dan resiko” menjadi Katolik. Penolakan, penderitaan dan penyingkiran akan selalu menjadi “makanan” kita.

Kita diajak mengikut Kristus bukan untuk menjadi penakut, pengkhianat Yesus, atau bahkan hanya cari “mukjizat”nya saja tanpa mau belajar memikul salib.

Tuhan ajarlah kami untuk menjadi orang Katolik yang sungguh siap meneladan dan mengikuti Kristus. Semoga sepanjang hari ini kami nilai kekatolikan kami sungguh berakar dan berbuah dalam peran, tugas dan karya kami. Amin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d bloggers like this: