Allah Yang Mengejutkan

Renungan Harian
Pesta Santo Mikael, Gabriel dan Rafael, Malaikat Agung
Selasa, 29 September 2020
Bacaan : Daniel 7:9-10. 13-14 atau Wahyu 12: 7-12a
Injil : Yohanes 1 : 47 - 51

Kata Natanael kepada Yesus, “Bagaimana Engkau mengenal aku?”

Yohanes 1 : 48

Allah mengamati hidup setiap manusia. Tidak ada satu hal pun yang tersembunyi yang tidak dilihat Allah. Allah melihat masa lalu, masa sekarang dan bahkan masa depan kita.

Injil Yohanes hari ini menggambarkan perjumpaan Natanael yang diajak Filipus untuk melihat Yesus. Natanael terkejut ketika Yesus berkata “Lihatlah, inilah seorang Israel sejati, tidak ada kepalsuan di dalamnya!”

Natanael pun berkata “Bagaimana Engkau mengenal aku?” Kejutan tidak sampai di situ karena Yesus menyampaikan kepada Natanael “Hal-hal yang lebih besar daripada itu akan kau lihat”. Sungguh sebuah rahmat yang luhur.

Terkadang kita pun bisa terkejut dengan rencana dan karya Allah. Allah memberikan kejutan-kejutan hidup yang sungguh tidak mampu kita ukur, ulur dan duga. Terkadang kejutan mujur namun bisa juga kejutan mundur.

Rasa syukur atas setiap kejutan-kejutan Allah akan membawa kita memudahkan semakin mengenal Allah. Allah menyayangi hidup manusia maka Allah tiada henti memberi rahmat dan berkat dan bahkan bisa melebihi harapan dan dugaan kita.

Hidup yang jujur di dalam Allah dan rasa syukur yang terus dihidupi akan menghantar kita masuk melihat keluhuran Allah.

Pesta para Malaikat Agung hari ini, Santo Mikael, Gabriel dan Rafael menunjukkan pula sebuah karya Allah yang luar biasa pada manusia. Di sini kita disadarkan bahwa seluruh perjalanan hidup kita dikelilingi rahmat Allah dan para malaikat yang melayani Allah pun menyertai kita.

Tuhan ajarlah kami hari ini hidup jujur di dalam Engkau dan mampukan kami mensyukuri setiap hal apapun yang terjadi sehingga kami semakin mampu mengenal Engkau. Amin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d bloggers like this: