Proses Menjadi

Renungan Harian
Selasa, 27 Oktober 2020
Pekan Biasa XXX
Bacaan : Efesus 5 : 21-33
Injil : Lukas 13 : 18-21

Kerajaan Allah itu seumpama biji sesawi yang tumbuh dan menjadi pohon; Kerajaan Allah itu seumpama ragi yang diaduk-aduk ke dalam tepung terigu.

Lukas 13 : 18-21

Hidup manusia adalah proses untuk selalu menjadi yang lain. Pengalaman kita kemarin membentuk kita menjadi pribadi kita saat ini. Pengalaman hari ini akan membentuk kita untuk hari esok.

Tidak semua proses “menjadi yang lain” itu menyenangkan. Adakalanya kita sudah nyaman dan tak mau berubah. Adakalanya butuh pengorbanan yang membutuhkan ekstra kesabaran, kepercayaan, ketahanan, dan sebagainya.

Sabda Tuhan hari ini menggambarkan perumpamaan Kerajaan Allah. Kita adalah anak-anak Allah, maka kita pun adalah benih dan ragi yang harus siap dibentuk Allah untuk mewujudnyatakan kerajaanNya.

Siap menjadi pohon yang menjadi sarang bagi burung-burung namun juga akan dikotori oleh kotoran burung-burung itu; siap menjadi ragi yang akan diaduk dan dibanting-banting dalam adonan agar bisa menjadi kalis. Siapkah?

Kita memiliki daya untuk mengubahkan. Perkataan, sikap, respon,dan cara berpikir kita dapat mengubahkan orang yang berada di sekitar kita seperti gambaran biji sesawi atau ragi.

Kualitas hidup kita akhirnya diukur dengan seberapa besar dan seberapa jauh hidup kita memiliki makna bagi yang lain; seberapa bertahan kita mau juga diolah oleh Allah setiap waktunya untuk menjadi biji sesawi yang siap tumbuh atau ragi yang siap diaduk tanpa kita memilih waktu, tempat dan untuk siapa. Jalani saja !

Itulah panggilan anak-anak Allah. Siap dibentuk menjadi yang lain kapanpun, dimanapun dan bagi siapapun.

Refleksi :
Apakah hidupku selama ini sudah membuahkan perubahan yang baik bagi orang di sekitarku?

Doa :
Allah Bapa yang Mahabaik, kami anak-anak-Mu selalu Kau panggil untuk siap dan sedia dijadikan biji sesawi yang bertumbuh dan ragi yang diaduk-aduk. Bantulah kami untuk mau diolah menjadi sesuatu yang lain yang memberi daya guna kapanpun, dimanapun dan bagi siapapun. Amin

Berkat :
Semoga berkat Allah yang Mahakuasa melindungi dan menyertai kita untuk setiap peran, tugas, tanggung jawab dan panggilan kita hari ini mewujudkan Kerajaan Allah: Dalam Nama Bapa dan Putera dan Roh Kudus. Amin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d bloggers like this: