Terpilih

Renungan Harian
Rabu, 28 Oktober 2020
Pesta St Simon dan Yudas, Rasul
Bacaan : Efesus 2 : 19-22
Injil : Lukas 6 : 12-19

Ia memanggil murid-murid-Nya, lalu memilih dari antara mereka dua belas orang yang disebut-Nya rasul.

Lukas 6 : 13

Sungguh mengagumkan proses pemilihan dua belas rasul. Yesus mengawalinya dengan doa selama semalaman. Yesus pun memilih dengan memanggil nama, bukan hanya menunjuk.

Saya dan saudara pun adalah orang-orang pilihan. Tuhan memanggil kita menjadi rasul rasulnya untuk saat ini. Percayakah?

Dua belas rasul yang dipilih Yesus bukanlah orang-orang yang lolos seleksi dengan berbagai macam test :IQ, psikotest, kesehatan, interview dan sebagainya. Ada nelayan, pemungut cukai, pendosa, dsb.

Tuhan memilih orang yang tidak sempurna tetapi Tuhan menyempurnakan orang yang dipilihNya.

Jika para rasul sudah berkarya sedemikian rupa, menyatukan orang dalam Kristus, bagaimana dengan kita? Apakah kita pun mempersatukan orang dalam kebaikan atau jangan-jangan mempersatukan orang dalam kepanikan dan kekhawatiran.

Hari ini juga memperingati Sumpah Pemuda. Sebuah kesadaran untuk membangun persatuan diantara berbagai keberbedaan.

Refleksi :
Tuhan memanggil kita dengan menyebut nama kita pribadi, akan menjawab apakah kita jika dipanggil berpartisipasi dalam karya Allah?

Doa :
Tuhan terima kasih kami boleh Kau panggil dan pilih sebagai murid-Mu. Nyalakanlah kembali semangat dan roh kami untuk siap dan sedia menjalankan tugas yang Kau percayakan kepada kami. Amin

Berkat :
Semoga berkat Allah yang Mahakuasa mengobarkan semangat kita untuk bersatu dalam Kristus dan mempersatukan orang dalam kebaikan dan kebenaran melalui tugas, karya dan peran kita : Dalam Nama Bapa dan Putera dan Roh Kudus. Amin

One thought on “Terpilih

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d bloggers like this: