Jangan Hilang

Renungan Harian
Senin, 2 November 2020
Pengenangan Arwah Semua Orang Beriman
Bacaan : II Makabe 12 : 43-45, I Korintus 15 : 20-24a. 25-38
Injil : Yohanes 6 : 37-40

Semua yang telah diberikan-Nya kepada-Ku jangan ada yang hilang.

Yohanes 6 : 39

Dijaga jangan sampai ada yang hilang. Dikenang agar tetap diingat dan tak terlupakan. Diziarahi agar tetap dekat di hati. Didoakan agar tetap dieratkan dalam iman, kasih dan pengharapan.

Gereja hari ini mengenang arwah semua orang beriman. Kita diajak mengingat dan mendoakan para arwah. Lewat doa kita memohon kerahiman Allah terlebih bagi jiwa-jiwa di api penyucian.

Tuhan Allah sungguh mencintai manusia sejak awal diciptakan, hidup hingga saat kematian. Tuhan tidak ingin satu jiwapun hilang. Kita yang masih hidup ini diajak berdoa bagi mereka.

Teringat dengan jiwa-jiwa yang telah dipanggil pulang ke rumah Bapa, jika kita pun mengingat karya, teladan dan kebaikan mereka yang kita cintai yang telah pindah dunia ini, apakah kita masih melanjutkannya? Jangan sampai itu pun hilang.

Kita pun kelak akan berada di posisi ini. Menjadi almarhum. Sudahkah kita pun siapkan pendoa-pendoa yang setia di dalam rumah? Bila belum, mari kita investasi iman, karena jika nanti kita pun meninggal kita butuh doa-doa mereka.

Refleksi :
Apakah rumahku sudah menjadi rumah doa? Apakah anak-anakku telah memiliki kemampuan doa yang cukup baik?

Doa:
Tuhan, Engkau menghendaki agar semua jiwa ada dalam Engkau, tidak ada satupun yang hilang. Kerap kami meski masih hidup kehilangan jiwa anggota keluarga kami karena kesibukan dan dunianya masing masing. Semoga kami dimampukan selalu menjaga setiap jiwa terlebih mengarahkan setiap jiwa kepada kekudusanMu. Amin

Berkat:
Semoga berkat Allah yang Mahakuasa membimbing dan memberkati kita dan keluarga serta memberikan kedamaian abadi bagi jiwa jiwa yang kita doakan hari ini : Dalam Nama Bapa dan Putera dan Roh Kudus. Amin

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.