Ujilah Roh

Renungan Harian
Senin, 4 Januari 2021
Hari Biasa Sesudah Penampakan Tuhan
Bacaan : 1 Yohanes 3 : 22 - 4:6
Injil : Matius 4 : 12-17. 23-25

Janganlah setiap roh kamu percayai, tetapi ujilah roh-roh itu, apakah mereka berasal dari Allah.

1 Yohanes 4:1

Ada roh yang mengajak orang dalam kebenaran. Ada pula roh yang menyesatkan. Rasul Yohanes memberikan sebuah peringatan dan kewaspadaan terhadap adanya roh-roh lain.

Ujian terhadap roh menjadi bagian tak terpisahkan dalam kehidupan keseharian manusia. Cara menguji apakah roh itu benar-benar berasal dari Allah salah satunya adalah dengan melihat buah-buahnya.

“Tetapi buah Roh ialah: kasih, sukacita, damai sejahtera, kesabaran, kemurahan, kebaikan, kesetiaan, kelemahlembutan, penguasaan diri. (Galatia 5 :22-23)

Tidak semua roh berasal dari Allah. Bahkan roh yang menyesatkan sekalipun bisa nampak seperti roh yang berasal dari Allah. Karena tujuannya menyesatkan maka roh itu harus tampil sedemikian rupa agar menarik perhatian manusia.

Ujilah roh. Saat kita alami ketidakadilan apakah masih ada semangat kesabaran, saat kita alami kemalangan apakah ada semangat kesetiaan, saat kita alami kelimpahan apakah ada semangat kasih dan penguasaan diri, dan masih banyak lagi.

Refleksi:
Apakah kita sudah benar-benar hidup di dalam roh Allah dengan segala buah-buah roh yang menghasilkan?

Doa :
Tuhan semoga sepanjang hari ini kami dapat melalui ujian roh sehingga kami semakin teguh dan tangguh hanya hidup di dalam Roh-Mu sendiri yang menghasilkan buah-buah roh yang melimpah. Amin

Berkat:
Semoga berkat Allah yang Mahakuasa meneguhkan dan menguatkan langkah kita hari ini untuk melalui ujian roh lewat semua proses karya, peran, tugas dan tanggung jawab kita hari ini : Bapa, Putera dan Roh Kudus. Amin

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.