Tersaingi

Renungan Harian
Sabtu, 9 Januari 2020
Pekan Setelah Penampakan Tuhan
Bacaan : 1 Yohanes 5: 14 - 21
Injil : Yohanes 3: 22 - 30

Ia harus makin besar, tetapi aku harus makin kecil.

Yohanes 3 : 30

Gusar, emosi, bingung, kesal dan mungkin aneka perasaan lainnya terjadi pada para murid Yohanes. Mereka berselisih dengan seorang Yahudi perihal penyucian. Mereka pun bertanya soal pembaptisan yang dilakukan Yesus di tanah Yudea.

Yohanes pun menanggapi dengan bijak dan memberikan pemahaman kepada para muridnya. Yohanes tahu betul siapa dirinya sehingga ia pun tak perlu untuk ikut dalam emosi dan gusar. Ketika Yesus tampil Yohanes sama sekali tidak merasa tersaingi dan ia pun tetap berkarya.

Dalam hidup terkadang apa yang kita lakukan membutuhkan pengakuan, validasi dan penghormatan. Saat ada yang mampu melakukan sama atau lebih dari kita, belum tentu kita menerimanya dengan lapang dada. Apalagi jika sudah ditambahkan dengan komentar-komentar orang.

Segala sesuatu ada masanya. Jika yang kita lakukan ternyata menghantar orang lain untuk lebih dari kita bagaimana perasaan kita? Terkadang ada godaan seperti menjatuhkan orang lain, mengagungkan diri, mogok karya dan pelayanan, memanipulasi, dsb. Semoga kita bisa belajar seperti Yohanes.

Refleksi
Apa yang membuat kita sulit menerima diri untuk semakin kecil dihadapan Allah dan sesama?

Doa
Tuhan ajarlah kami untuk semakin mengenali diri kami dihadapan-Mu. Bantulah kami agar tidak mudah terbawa perasaan dan tetap mengagungkan Engkau sebagai satu-satunya Allah yang terbesar dalam setiap proses hidup kami. Amin

Berkat
Semoga sepanjang hari ini segala karya, tugas dan peran kita dijalankan dengan kerendahan hati untuk kemuliaan Allah dalam penyertaan berkat Allah yang Mahakuasa : Dalam Nama Bapa dan Putera dan Roh Kudus. Amin

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.