Segera dan Tinggalkan

Renungan Harian
Senin, 11 Januari 2021
Pekan Biasa I
Bacaan : Ibrani 1 : 1 - 6
Injil : Markus 1 : 14 - 20

Yesus segera memanggil mereka dan mereka meninggalkan ayahnya.

Markus 1 : 20

Simon, Andreas, Yakobus dan Yohanes adalah murid pertama Yesus yang dipanggil-Nya. Para murid ini dipanggil Yesus saat mereka sedang bekerja. “Mari, ikutlah aku”.

Apakah Yesus memanggil secara tiba-tiba? Tidak. Sebelumnya Yesus sudah berjalan, melihat dan kemudian memanggil. Ingat selama 30 tahun sebelum tampil di publik, Yesus telah berjalan kemana-mana melihat situasi sosial, budaya dan bangsanya.

Yesus memanggil para murid-Nya tanpa melakukan perkenalan terlebih dahulu. Dari sekian banyak nelayan di sana, mereka yang dipilih-Nya secara pribadi. Yesus sudah mengamati tanpa mereka menyadari.

Dalam hidup kita pun Tuhan selalu mengamati. Ia akan memanggil kita meninggalkan sesuatu dan menuntun kita pada suatu tugas. Tuhan memanggil justru saat kita sibuk bukan saat pensiun.

Ketika harus meninggalkan hal-hal yang menjadi kesibukan, nafkah bahkan sesuatu yang berharga yang kita miliki, sanggupkah kita meninggalkannya demi Tuhan?

Refleksi
Apa yang sulit kita tinggalkan demi Tuhan?

Doa
Allah Bapa kami, Engkau setiap saat mengamati dan memanggil kami. Bantulah kami untuk semakin peka terhadap suara-Mu dan rela hati jika kami harus meninggalkan sesuatu demi Engkau. Amin

Berkat
Semoga berkat Allah yang Mahakuasa memampukan kita menjadi murid Yesus yang taat, siap dan sedia melalui segala tugas, peran, karya dan tanggung jawab kita : Dalam Nama Bapa dan Putera dan Roh Kudus. Amin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d bloggers like this: