KehendakNya

Renungan Harian
Jumat, 22 Januari 2021
Pekan Biasa II/ Pekan Doa Sedunia Hari ke-5
Bacaan : Ibrani 8 : 6-13
Injil : Markus 3 : 13-19

Ia memanggil orang-orang yang dikehendaki-Nya dan menetapkan-Nya untuk menyertai Dia.

Markus 3 : 13-14

Tidak ada seleksi ketat. Para murid yang dipilih dan ditetapkan menjadi murid Yesus yang pertama adalah orang-orang sederhana. Mereka dipanggil atas kehendak Yesus sendiri untuk menyertai Dia.

Karya Tuhan yang besar memerlukan partisipasi manusia. Orang yang dipilih bisa beraneka macam; bukan atas dasar penilaian kualitas khusus dan kemampuan khusus; semua bisa dipilih dan digunakan Tuhan sebagai sarana karya-Nya.

Yesus memilih orang yang sederhana menjadi teman seperjalanan. Tidak ada yang dipecat Tuhan karena kegagalan ataupun ketidakmampuannya. Bahkan seorang yang diketahui akan mengkhianati-Nya pun tetap dijaga menjadi murid-Nya meski murid itu akhirnya memilih cara lain.

Terkadang kita dibutakan dengan konsep ideal bahwa Tuhan selalu mengutus orang yang tepat menurut ukuran manusia. Rahmat dan berkat menjadi terhambat karena kita tidak mampu memahami bahwa setiap orang dipilih, diutus, ditempatkan menurut kehendak-Nya; bukan menurut mau kita.

Di sisi lain, salah satu kesulitan kita untuk mau jadi murid Tuhan dan melakukan karya-Nya adalah merasa diri tidak mampu padahal Tuhan tidak menuntut kemampuan hanya kemauan. Tuhan memilih yang tidak sempurna untuk Ia sempurnakan.

Para murid dalam kesederhanaanya dipilih dan ditetapkan untuk menjalankan tugas diluar batas kemampuannya karena mereka dipilih sebagai jalan, alat, dan sarana Tuhan semata. Semoga kita mampu belajar menjadi lebih sederhana dan berani melepas segala keterikatan diri.

Refleksi
Sepanjang aku menjadi murid Yesus, apa hambatan terbesarku untuk turut serta dalam mengambil peran bersama Tuhan?

Doa
Allah Bapa kami, bantulah kami untuk semakin berani belajar melihat setiap orang sebagai bagian dari karya penyelamatan-Mu dan bantulah kami untuk semakin menjadi murid yang siap ambil peran dalam setiap perutusan kami. Amin

Berkat
Semoga berkat Allah yang Mahakuasa membuat kita semakin sadar akan peran kita sebagai perpanjangan karya Tuhan dalam setiap karya, tugas, tanggung jawab dan pelayanan : Dalam Nama Bapa dan Putera dan Roh Kudus. Amin

(RD David)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d bloggers like this: