Butuh Balasan Bukan Alasan

Renungan Harian 
Minggu, 24 Januari 2021
Pekan Biasa III / Pekan Doa Sedunia Hari ke-7/ Hari Minggu Sabda Tuhan
Bacaan : Yunus 3 : 1-5.10, Korintus 7 : 29-31
Injil : Markus 1: 14-20

Mereka pun segera meninggalkan jalanya, dan mengikuti Yesus.

Markus 1 : 18

Lepaskan, tinggal dan tanggalkan terlebih itu adalah sesuatu yang selama ini menjadi sebuah kebanggaan, kesukaan, kecintaan, prestasi, dan harga diri tidaklah mudah. Orang berusaha untuk tetap genggam dan pertahankan.

Dalam panggilan Yesus kepada murid-murid-Nya sederhana, ada satu hal yang menarik yaitu kesegeraan meninggalkan (pekerjaan, keluarga, mimpi) yang selama ini menjadi pegangan hidup mereka. Para murid dipanggil saat mereka bekerja; bukan saat menganggur dan pensiun.

Ternyata perjumpaan dengan Tuhan perlu sebuah usaha keras dan keberanian untuk melepaskan segala ikatan yang kerap membelenggu. Semua yang mimpi, usaha, pencapaian, dan kenikmatan sering menjadi penghambat saat Tuhan datang memanggil.

Tuhan hanya butuh kesediaan suara-Nya didengarkan, kesetiaan untuk jalani kehendak-Nya dan kepercayaan bahwa semua yang kita tanggalkan dan lepaskan dalam Tuhan, Tuhan tetap membuat hidup bertahan dan berkembang.

Dalam masa pandemi, orang banyak kehilangan segala yang selama ini menghidupinya. Ketika manusia dikembalikan ke titik nol saat manusia berada di puncak usaha dan hasilnya, seolah semua kekuatan hidup hilang karena semua ditumpukan bukan dalam Dia Sang Jalan, Kebenaran dan Kehidupan.

Terkadang manusia terlalu banyak alasan padahal Tuhan hanya butuh balasan.

Refleksi
Ikatan apa yang sulit kulepas saat aku mau berjumpa Tuhan?

Doa
Tuhan ajar kami untuk mampu mendengar Engkau, segera bergegas mencari dan tinggal dalam Engkau; sedia, setia dan percaya dalam kehendak dan rencana-Mu. Amin

Berkat
Semoga berkat Allah yang Mahakuasa memberikan kekuatan kepada kita untuk mampu melepaskan diri dari segala keterikatan yang menghambat perjumpaan kita dengan Tuhan: Dalam Nama Bapa dan Putera dan Roh Kudus. Amin

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.