Bukan Sekedar

Renungan Harian
Rabu, 27 Januari 2021
Pekan Biasa III
Bacaan : Ibrani 10 : 11-18
Injil : Markus 4 : 1-20

Yang ditaburkan di tanah yang baik ialah yang mendengarkan dan menyambut sabda itu lalu berbuah.

Markus 4 : 20

Saat membeli buah di pasar, seorang pembeli tidak akan bertanya perihal asal muasal buah itu hingga sampai ke pasar. Yang ia pedulikan hanya kualitas rasa, harga dan jumlah yang dibutuhkan.

Terkadang hidup menjadi seorang pengikut Yesus tidak akan ditanyakan bagaimana proses jatuh bangunnya menjadi “tanah yang baik” tetapi yang dilihat adalah apakah berdampak atau tidak (buah).

Menjadi tanah yang baik bagi proses bertumbuhnya Sang Sabda bukan hanya perlu perawatan iman lembut (siraman rohani). Gempuran agar tanah jadi gembur, dipotong beberapa bagian dan mungkin diobati dari hama, dan proses lainnya agar pohon tumbuh dan akhirnya berbuah.

Terkadang Tuhan berikan kondisi dan situasi yang tidak nyaman dan bahkan sulit serta menyakitkan agar pertumbuhan kualitas iman kita dapat mencapai kelancaran sehingga dapat berbuah.

Bukan hanya sekedar berbuah dan terlihat baik, tetapi utamanya apakah buah itu sungguh dapat dikonsumsi, demikian pula iman bertumbuh dan berbuah bukan hanya asal sekedar tampak baik namun harus berdayaguna.

Bukan hanya sekedar tampak rajin baca alkitab dan berdoa tapi belum tumbuh kesabaran dan mudah emosi; bukan hanya tekun ikuti kursus dan adorasi tetapi kerap menghakimi orang dan tumbuh kesombongan rohani; dsb.

Refleksi
Sanggupkah kita diolah menjadi tanah yang baik (digempur agar gembur)? Bagaimana pertumbuhan imanku selama masa pandemi ini?

Doa
Tuhan kami mau menjadi tanah yang baik namun sering menolak ketika kami diolah menjadi gembur agar subur. Bantulah agar iman kami sanggup hingga berbuah dan buah itu dapat dinikmati banyak orang. Amin

Berkat
Semoga sepanjang hari ini kita mampu berproses dalam pertumbuhan iman sampai akhirnya berbuah yang baik lewat peran, tugas, karya dan tanggung jawab kita hari ini : Dalam Nama Bapa dan Putera dan Roh Kudus. Amin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.