Misa OMK Dekanat Timur Tengah: Merayakan Sebuah Perjumpaan

Sabtu 16 Oktober 2021, diadakan sebuah acara istimewa yaitu Misa OMK Dekanat Timur Tengah yang diadakan di Seminari Menengah Stella Maris Keuskupan Bogor. Sekitar 300 peserta menghadiri kegiatan ini. Acara ini didahului dengan registrasi yang dimulai pukul 08:30 – 09:30 WIB. 

Tampak dari OMK perwakilan dari Paroki Yakobus Rasul, Megamendung yang sangat berantusias, mereka tiba di seminari pukul 08:00. Kedatangan para perwakilan OMK dari masing-masing paroki ini menggunakan protokol kesahatan yang ketat. Para pesertanya wajib menunjukan bukti bahwa mereka sudah divaksin dengan memperlihatkan kartu vaksin. Semua peserta datang tepat waktu sehingga rangkaian acara tidak terhambat. 

Kegiatan dibuka dengan Perayaan Ekaristi di Kapel Seminari Menengah Stella Maris pukul 10:00 WIB, yang dipersembahkan oleh RD Jeremias Uskono selaku Rektor Seminari, RD Agustinus Wimbodo Purnomo selaku Ketua Komisi Kepemudaan Keuskupan Bogor, RD Yustinus Joned Saputra selaku Dekan Dekanat Tengah.  Selain itu juga hadir imam-imam dari Paroki Dekanat Timur-Tengah, yakni RD Paulus Pera, RD Petrus Sunusmo Galih Widodo, RD Antonius Dwi Haryanto, RD Aloysius Tri Harjono. 

Dalam homilinya, RD Jeremias Uskono mengatakan bahwa “Sudah dua tahun OMK tidak pernah bertemu lagi, dalam pertemuan ini hendaklah mengenal satu sama lain, dan menjadi Laskar Kristus. Menjadi Laskar Kristus bukan berarti berkoar-koar di Mal di Bioskop dan di tempat umum lainnya, tapi mampu menjadi pembawa sukacita dalam sesama. ” Perayaan Ekaristi ini berlangsung hikmat dan semarak dengan nyanyian-nyanyian yang dibawakan oleh Koor Seminaris. 

Sesudah Perayaan Ekaristi, acara dilanjutkan dengan dinamika bersama pukul 11:15 di Aula lantai 3 Seminari. Dinamika bersama dibuka dengan sambutan-sambutan dari para imam yaitu RD Joned sebagai Dekan Dekanat Tengah, RD Tri Harjono sebagai Dekan Dekanat Timur. 

Sambutan ditutup oleh Romo Nanang. Dalam sambutannya beliau memaparkan bahwa Paus Fransiskus telah mencanangkan Hari Orang Muda Sedunia atau akrab disebut HOMS. Kali ini ditetapkan di setiap Keuskupan. OMK Dekanat Timur-Tengah menyambut baik dengan sorak-sorai penetapan Hari Orang Muda Sedunia ini. Ada pula tagar yang semakian menyemarakan Hari Orang Muda Sedunia yaitu #HOMSTOHOME #HOMSWEETHOME. 

Kemudian kegiatan dilanjutkan dengan Ice Breaking yang dibawakan oleh para Seminaris. Sesudah Ice Breaking yang kembali membakar semangat OMK, mereka dibagi kedalam dua kelompok, yaitu kelompok OMK Dekanat Tengah, dan OMK Dekanat Timur. Di dalamnya mereka makan siang bersama, membahas program kerja kedepannya setelah dibagi ke dalam dua Dekanat. Selain itu juga mereka memilih kepengurusan OMK yang baru pada setiap Dekanat. Ketua OMK Dekanat Tengah yaitu Evan dari Paroki BMV Katedral, dan Ketua OMK Dekanat Timur yaitu Rio dari Paroki Andreas, Sukaraja.

Setelah berkumpul dengan Dekanat masing-masing, para OMK disatukan kembali di Aula dan acara dilanjutkan dengan pembacaan DU DU, yakni berisi tentang harapan, doa, serta pesan dari setiap OMK. Kemudian dilanjtukan dengan penampilan Band dari para Seminaris. Penampilan band ini sekaligus menjadi transisi penutup ke puncak acara Temu OMK Dekanat Timur-Tengah yakni serah terima jabatan Kepengurusan OMK  yang baru. 

(Vincent & Savio; Seminaris Seminari Menengah Stella Maris)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.