Persiapkan Hati akan Kedatangan-Nya

Sabtu, 4 Desember 2021

Pekan Adven I

Bacaan I          : Yes. 30: 19-21.23-26

Bac. Injil         : Mat. 9: 35-10: 1.6-8

Dalam segala hal, suatu pilihan pasti selalu ada risiko yang harus ditanggung oleh kita yang memilih. Ketika kita telah memutuskan suatu pilihan tertentu, maka kita pun harus menerima dan bertanggung jawab atas resiko setelahnya. Hal ini merupakan hal yang wajar di dalam kehidupan manusia. Tidak ada pilihan yang tidak memiliki konsekuensi. Bertanggung jawab atas pilihan menjadi suatu hal yang sangat penting. Hal ini pun tidak berbeda ketika kita sebagai orang beriman memutuskan untuk mengikuti Yesus dan menjadi murid-Nya. Menjadi murid Yesus dan mengikuti ajaran-Nya bukanlah sesuatu yang mudah. Bukan juga sesuatu yang bisa dianggap remeh atau sepele.

Hari ini pada bacaan Injil Yesus memperlihatkan bahwa kedatangan-Nya ke dunia bukan lain adalah mewartakan Injil, mewartakan sukacita. Kehadiran Yesus membawa dampak yang sangat besar. Orang-orang banyak berkumpul untuk mendengarkan Sabda-Nya dan Yesus dengan kerendahan hati serta cinta kasih-Nya mau menjadi gembala bagi orang banyak itu. Hal itu pun diperlihatkan-Nya kepada para murid-Nya. Perbuatan kasih dengan mengutus para murid untuk mewartakan bahwa Kerajaan Allah sudah dekat serta memberikan mereka bekal kuasa untuk mengusir roh jahat dan menyembuhkan menjadi tindakan Yesus yang nyata bagi para pengikut-Nya.

            Bagi kita sebagai pengikut Kristus, masa Adven menjadi arti yang penting bagi kita. Bersiap akan kedatangan Yesus ke dunia adalah satu hal yang perlu kita lakukan. Lalu apa yang perlu kita lakukan? Hal pertama yang harus kita persiapkan adalah diri kita sendiri. Apakah kita sudah melakukan ajaran yang diajarkan oleh Yesus kepada kita? Apakah kita sudah mempersiapkan hati kita dan juga membuka hati kita agar kita pun layak menyambut kedatangan Yesus? Perbuatan kasih seperti yang sudah ditunjukkan Yesus pada hari ini dan juga sikap yang mengarah kepada pertobatan menjadi hal yang perlu untuk menyambut kedatangan Yesus. Karena ketika kita melakukan hal tersebut berarti kita setia kepada ajaran yang sudah diturunkan oleh Yesus kepada kita. Maka dari itu, marilah kita meyambut kedatangan Yesus dengan hati yang terbuka dan tetap memperjuangkan kasih yang sudah diwariskan Yesus ke dunia kepada kita.

Fr. Constantin Reynaldo Adja Mosa

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

error: Content is protected !!