Hal Mengasihi Tuhan

Loading

Jumat, 03 Juni 2022

Peringatan Wajib Santo Karolus Lwanga dan teman-temannya, Martir

Kis. 25: 13-21

Mzm 103:1-2.11-12. 19-20b

Yoh. 21: 15-19

Saudara-saudari yang terkasih, apakah kita pernah menanyakan kepada diri kita sendiri bahwa kita sungguh-sungguh mengasihi Tuhan? Nampaknya perihal mengasihi Tuhan adalah hal yang dapat dirasakan oleh masing-masing individu. Setiap orang pasti memiliki pengalaman yang berbeda-beda dalam konteks “mengasihi” Tuhan atau relasinya dengan Tuhan. Bacaan Injil hari ini mengingatkan kembali seberapa besar kasih kita kepada Tuhan.

Dalam bacaan injil, dikisahkan bahwa Yesus bertanya kepada Petrus “apakah engkau mengasihi Aku?” Pertanyaan itu diulang oleh Yesus sampai ketiga kalinya. Hal tersebut menggambarkan bahwa apa yang dikatakan oleh Petrus masih terdapat sebuah keraguan. Dalam kisah tersebut Petrus masih menggunakan sisi duniawi untuk menjawab pertanyaan yang diberikan oleh Yesus. Oleh karena itu dapat dikatakan bahwa untuk mengasihi Tuhan, kita sebagai manusia harus menanggalkan ke-duniawian kita dan benar-benar harus menyerahkan diri kita sepenuhnya kepada Allah.

Melalui bacaan Injil hari ini, kita disadarkan untuk tidak menganggap bahwa diri kita lebih dari orang lain dalam hal mengasihi Tuhan. Kita juga disadarkan untuk tidak mengatakan bahwa kita tidak akan menyangkal Allah. Namun hal tersebut bukan menjadi alasan untuk kita menyangkal atau kurang mengasihi Tuhan. Justru hal tersebut harusnya mampu membuat kita lebih rendah hati dan menyerahkan seutuhnya hidup kita kepada Tuhan. Perlu ditanamkan di dalam diri kita bahwa Tuhan tahu seberapa kita mengasihi-Nya, dan Tuhan lah yang mampu mengajarkan kita untuk mengasihi-Nya sesuai dengan kasih yang Ia kehendaki. Oleh karena itu, kita perlu bergantung, menyerahkan diri kita kepada Tuhan, dan menyadari bahwa Tuhan akan menyertai kita dalam hidup kita.

Fr. Bryan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

error: Content is protected !!
Enable Notifications OK No thanks