Menjadi Gereja

Rabu, 29 Juni 2022

Hari Raya Santo Petrus dan Paulus, Rasul

Bacaan I: Kis 12: 1-11.

Mazmur Tanggapan: Mzm 34:2-3,4-5,6-7,8-9.

Bacaan Injil: Mat 16 :13-19.

“Engkau adalah Petrus, dan diatas batu karang ini akan Kudirikan Gereja-Ku, dan alam maut tidak akan menguasainya”. Injil hari ini membawa kita mengingat kembali asal-usul Gereja pertama kali. Petrus sebagai batu karang yang kuat nan kokoh telah menjadi lambang Gereja hingga masa kini. Namun sejatinya, Yesus sendiri yang telah membangun Gereja untuk pertama kalinya. Kepercayaan Petrus pada Yesus yang adalah Mesias telah membawanya menjadi pemimpin yang ditunjuk langsung oleh Allah sebagai pengembala umat-Nya. Maka dari itu Gereja adalah kumpulan orang-orang yang dipilih oleh Allah. Mereka yang bergabung bersama Gereja adalah orang-orang yang percaya kepada kebangkitan.

Kita harus mampu menyadari bahwasannya kita hanya membangun gereja dalam bentuk bangunan. Tetapi lebih dalam lagi, Yesus sendiri yang mendirikan Gereja, dan kita adalah Gereja itu sendiri, maka dari itu hendaknya kita selalu menghadirkan wajah Gereja. Mari kita sama-sama merenungkan, sudahkah kita benar-benar menghadirkan diri sebagai gambaran Gereja? Sudahkah kita benar-benar sepenuh hati menjadi Gereja? Sudahkah kita benar-benar percaya kepada kebangkitan sebagai dasar iman Katolik?

Seluruh umat beriman memiliki tugas untuk menghadirkan wajah Gereja dalam kehidupan sehari. Manusia sebagai harus mampu membawa Gereja sampai pada tataran kehidupan sehari-hari. Hal ini akhirnya membawa iman umat beriman selalu bertumbuh dan berkembang. Gereja tidak lagi dipandang sebagai bangunan, melainkan Kristus itu sendiri dan seluruh kumpulan umat beriman pada Allah. Maka dari itu, menjadi manusia bukanlah sekedar membangun Gereja, sebab itu dibangun oleh Kristus sendiri, tetapi menjadi manusia adalah tentang menjadi Gereja.

Fr. Mario Antonio Raja Patu Lewar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

error: Content is protected !!