Undangan

Loading

Kamis, 7 Juli 2022

Hari Biasa Pekan XIV

Bacaan I          : Hos 11: 1b,3-4,8b-9

Mazmur           : Mzm 80:2ac,3b,15-16

Injil                  : Mat 10:7-15

 “Sebab Aku ini Allah, Yang Kudus di tengah-tengahmu, dan Aku tidak datang untuk menghanguskan.” Hos 11:9

“Kerajaan Sorga sudah dekat!”, Dalam Injil, Yesus memerintahkan para murid agar pergi dan mewartakan seruan tersebut. Ia pun memberi mereka kuasa agar pewartaan itu senantiasa berkumadang di seluruh daerah Israel. Bagi kita saat ini pula, seruan tersebut terus diperdengarkan, terutama ketika masa Prapaskah. Akan tetapi, apalah arti dan makna sesungguhnya dari seruan itu? Apakah sebagai sebuah ancaman atau undangan?

Di akhir Injil hari ini, terdapat nada kecaman terhadap kota yang menolak perwataakn Injil, akan menanggung beban yang lebih berat daripada Sodom dan Gomora yang terkenal keji dan jahat. Jika, tidak menerima, maka akan dihukum. Lalu, apakah dengan demikian Injil menjadi sebuah ancaman atau terror.

Nyatanya, seruan “Kerajaan Allah sudah dekat” adalah sebuah undangan untuk bersiap-siap menyongsong kemuliaan abadi. Allah sendiri menyatakan dalam bacaan pertama bahwa Ia datang bukan untuk menghanguskan, melainkan untuk menyelamatkan. Seruan tersebut adalah undangan keselamatan dari Allah sendiri. Sebagai sebuah undangan, hal yang terpenting adalah bukan undangan itu sendiri, melainkan tanggapan dan jawaban dari penerima undangan tersebut.

Bagi kita saat ini, undangan telah hadir di hati kita, lalu apa jawaban kita? Bagaimana mungkin jika kita sudah berpikir untuk menjadi pewarta kabar tersebut, padahal kita belum menerima dan menanggapi undangan tersebut. Maka, hidup kita adalah sebuah tanggapan terus-menerus terhadap undangan tersebut.    

Fr. Widyawan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

error: Content is protected !!
Enable Notifications OK No thanks