HUT ke-22 Paroki St. Joannes Baptista Parung & Pelantikan Pengurus Paroki Periode 2022-2025

Tanggal 24 September 2022 menjadi hari spesial bagi seluruh umat Paroki St. Joannes Baptista Parung karena merayakan hari ulang tahun yang ke-22. Peringatan hari berdirinya Paroki St. Joannes Baptista Parung selama 22 tahun menjadi pengingat bagi seluruh umat dengan semua kenangan dan perjuangan yang dilakukan hingga sampai saat ini. Setelah sekian lama tidak dapat merayakan hari ulang tahun dengan meriah, akhirnya umat Paroki STJB mengadakan perayaan syukur HUT ke-22 bersama Mgr. Paskalis Bruno Syukur dengan dihadiri umat yang terlihat memenuhi seluruh area gereja. Perayaan Ekaristi hari ulang tahun paroki ini juga menjadi kesempatan untuk melantik pengurus paroki periode 2022-2025. 

Sukacita kebersamaan dan keberagaman juga sangat terasa ketika seluruh umat yang hadir dalam perayaan Ekaristi mengenakan pakaian adat yang beragam di Indonesia. Mulai dari pakaian adat Jawa, Sumatera Utara, Kalimantan Barat, Papua, Jakarta, Bali, dan masih banyak lagi yang mewarnai suasana keberagaman yang ada di Paroki St. Joannes Baptista Parung selama perayaan ini. Perayaan Ekaristi dipimpin oleh Mgr Paskalis Bruno Syukur, didampingi oleh pastor paroki RD Yustinus Joned Saputra, pastor vikaris RD Dionysius Yumaryogustyn Manopo, serta RP Henria Lausia, CSE perwakilan Seminari Menengah Stella Maris Bogor. 

Dalam homili-nya pun, Mgr Paskalis Bruno Syukur menanggapi bagaimana keberagaman umat Paroki Parung yang terlihat dari pakaian adat yang dikenakan pada perayaan Ekaristi, sejalan dengan slogan “100% Indonesia, 100% Katolik”. Beliau juga berpesan kepada seluruh pengurus paroki untuk menjadi teman seperjalanan dalam melanjutkan perjuangan bagi Gereja St. Joannes Baptista Parung untuk dapat terus berdiri dan berkembang dengan semangat pelayanan yang mampu merangkul seluruh umat. 

Dalam perayaan Ekaristi HUT ke-22 Paroki STJB pun dimeriahkan dengan penampilan paduan suara dari OMK serta Sekolah Marsudirini Bogor dengan iringan alat musik gitar. 

Hari ini semakin bersejarah karena dengan resmi kepengurusan gereja tahun 2019 -2022 telah usai. Begitu banyak perjuangan dan pencapaian yang telah dilakukan. Tongkat estafet pelayanan ini dilanjutkan oleh kepengurusan yang baru. Sebanyak kurang lebih sekitar  90 orang pengurus DPP, DKP, PPG, dan para Ketua Wilayah periode 2022-2025  dilantik dan diberkati oleh Mgr Paskalis untuk mengemban tugas dalam melayani umat di kepengurusan paroki. 

Di akhir perayaan Ekaristi, Bapak Stephanus Agus Edi Wiyono selaku wakil ketua DPP Paroki St. Joannes Baptista Parung yang baru menyampaikan sambutannya : rasa takut dan tidak pantas muncul ketika dipilih menjadi pengurus paroki di gereja. Ia merenungi dan Tuhan menunjukkannya melalui satu kegiatan yang dilaksanakannya bersama muridnya. Ia merenungi dalam menjalankan tugas, kita harus tetap fokus pada satu tujuan dan abaikan segala ketakutan yang ada di sekitar, maka Tuhan akan menerangi jalan itu. 

Di hari jadi yang ke-22 tahun pun, Paroki St. Joannes Baptista semakin berkembang dengan pemekaran lingkungan yang awalnya 15 lingkungan menjadi 31 lingkungan dan terbagi menjadi 9 wilayah. Para ketua lingkungan pun juga sudah dilantik dan diberkati pada tanggal 17 September 2022 oleh Vikaris Jenderal Keuskupan Sufragan Bogor RD Yohanes Suparta bersama RD Yustinus Joned dan RD Dionysius Y. Manopo. Semoga para pengurus lingkungan serta paroki masa bakti 2022-2025 dapat menjalankan tugas dengan baik sesuai tujuan awal. Mari doakan seluruh pengurus agar senantiasa penuh dengan semangat pelayanan dan sukacita sesuai dengan kehendak Tuhan. (Eril/Komsos Santo Joannes Baptista, Parung)

3 thoughts on “HUT ke-22 Paroki St. Joannes Baptista Parung & Pelantikan Pengurus Paroki Periode 2022-2025

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

error: Content is protected !!