Putra yang Menyejarah

Loading

Kej. 49:2,8-10;

Mzm. 72:1-2,3-4ab,7-8,17;

Mat. 1:1-17.

            Saudara-saudariku yang terkasih dalam nama Tuhan Kita Yesus Kristus. Pada hari ini Injil memberikan deksripsi bagaimana Yesus hadir ke dunia berdasarkan keturunan leluhur-Nya. Melalui deksripsi ini, kita sebagai umat beriman sekurang-kurangnya mengetahui bahwa Yesus menjadi manusia bukan karena diciptakan melainkan dilahirkan. Hal ini pula yang membuat kita sadar bahwa Yesus, adalah benar-benar Allah dan benar-benar manusia. Ia hidup, hadir, dan berbahasa dalam sejarah manusia.

            Saudara-saudariku yang terkasih, Allah kita adalah Allah yang dekat dengan manusia. Kelahiran-Nya di dunia memberikan inspirasi kepada kita untuk menyadari secara penuh bagaimana kebebasan Allah yang memilih untuk menjadi manusia merupakan bentuk cinta kasih yang sangat luas dan luar biasa dalam. Pertanyaannya adalah, apakah kita sebagai pengikut Yesus mampu melakukan yang sama? Allah kita dengan kebebasan-Nya mau datang ke dunia untuk memperdamaikan dunia dengan-Nya, bagaimana dengan kita? Apakah kita juga bisa memperdamaikan diri kita dengan diri-Nya?

            Berdamai dengan-Nya memiliki banyak cara, salah satunya adalah pertobatan dan sukacita. Pada hari Minggu Adven yang kedua kemarin, kita diajak untuk bertobat. Pertobatan ini mengajak kita untuk senantiasa kembali kepada jalan yang benar dan kudus. Karena kita seringkali terjebak dalam dosa dan kesalahan.  Pada minggu Adven yang ketiga ini, kita diajak pula untuk bersukacita karena kedatangan Tuhan. Oleh karena itu, kita perlu menyiapkan hati yang tulus dengan tidak meninggalkan dendam terhadap orang lain, dengki, iri hati, marah, maupun sifat-sifat kita yang bisa menolak sukacita. Berbahagialah karena Tuhan sudah dekat!

Fr Mateus Elbert Biliyandi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

error: Content is protected !!
Enable Notifications OK No thanks